Honda

Kembangkan Fungsi Museum, Dikbud Muba Gelar Pelatihan Pendataan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman

Kembangkan Fungsi Museum, Dikbud Muba Gelar Pelatihan Pendataan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman

MUBA, PALPRES.COM- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menggelar pelatihan pendataan cagar budaya dan tenaga permuseuman, Rabu (13/7/2022). 

"Ya kita sudah menggelar pelatihan yang dibuka langsung Penjabat Sekda Muba. Ini hari kedua dengan pemateri dari Kabid Kebudayaan Dinas Budpar Sumsel, " kata Kepala Dinas Dikbud Muba, Drs Iskandar Syahrianto melalui Kabid Kebudayaan, Muardi

Dia menerangkan, bahwa pelatihan ini sendiri salah satu upaya memberikan bekal bagi pegawai pendataan Cagar budaya maupun pegawai di Museum Penghulu Muhammad Soleh. Karena, saat ini di Muba telah memiliki Museum dan beberapa koleksi, hanya saja memang belum begitu maksimal. 

"Makanya kita gelar latihan ini. Disamping itu, ada dua tempat disini dan Pusat Belajar Guru (PBG),"jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat Sekda Muba, Musni Wijaya menerangkan, Muba memiliki museum yang sangat membanggakan, hanya saja materi museum nya masih sangat terbatas.

"Pemkab Muba berupaya agar mesuem ini menjadi pusat pengembangan seni budaya dan tempat edukasi untuk masyarakat. Alhamdulillah sejak di buka pengunjung nya sangat luar biasa,"kata Musni.

Bukan hanya itu, Pemkab Muba melalui Disdikbud sudah memiliki banyak rencana kegiatan yang di pusatkan di Museum Penghulu Muhammad Soleh itu.

"Seperti tempat untuk perlombaan mulai dari senjang, pidato dan sebagainya khususnya untuk para peserta didik di Kabupaten Muba, sehingga musem ini menjadi multi fungsi,"jelasnya.

Dirinya berharap kegiatan pelatihan pendataan cagar budaya tenaga permuseuman itu bisa membantu peningkatan materi museum.

"Karena masih banyak sekali benda-benda bersejarah yang di miliki masyarakat. Cuma untuk informasinya belum begitu luas dan masih sangat terbatas. Nah inilah yang menjadi tugas kita khususnya para peserta pelatihan,"tandasnya.MUH

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: