Honda

Sambut Kemerdekaan RI, Bersihkan Monumen Tugu Bersejarah

Sambut Kemerdekaan RI, Bersihkan Monumen Tugu Bersejarah

GOTONG ROYONG : Kades Pajar Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Junika bersama warga bergotong royong membersihkan Tugu Perjuangan di Simpang Tiga Pumi, belum lama ini.--Foto: Pemdes Pajar Bulan For Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM - Kecamatan Tanjung Sakti merupakan salah satu kawasan yang terletak di perbatasan barat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan paling selatan di Kabupaten Lahat, dengan topografi lembah hingga pegunungan.

Kecamatan Tanjung Sakti sendiri berada pas di kaki Gunung Dempo. Sementara dibagian barat adalah rangkaian pegunungan Bukit Barisan seperti Bukit Payung, Bukit Telunjuk dan Bukit Hitam.

Kecamatan Tanjung Sakti mulanya adalah satu kecamatan hingga terjadinya pemekaran terbagilah menjadi dua yakni, Pumi dan Pumu.

Di lokasi tersebut juga banyak sekali peninggalan sejarah bangsa Indonesia seperti Bom Atom yang hingga saat ini tidak meledak dan diabadikan di simpang tiga tanjung sakti. 

Di simpang tiga tersebut juga terdapat monumen tugu perjuangan yang saat itu diresmikan pada 1973 oleh Gubernur Sumsel, H Asnawi Mangkualam, tepat di Desa Pajar Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi.

Kepala Desa (Kades) Pajar Bulan, Kecamatan Tanjung Sakti Pumi, Junika mengatakan, Monumen tugu perjuangan ini adalah ikon dari Tanjung Sakti, dimana kebanyakan orang sangat mengenal Tanjung Sakti dari sebuah tugu tersebut.

"Tugu perjuangan ini sempat di rehab pada 2014, dan kali ini kita mengajak pemuda pemudi bergotong royong untuk membersihkan tugu tersebut hingga kita lakukan pengecatan," ujarnya, belum lama ini.

Pada tugu perjuangan ini, ditambahkan dia, tertulis nama pahlawan-pahlawan Tanjung Sakti, yang memperjuangkan kemerdekaan, khususnya di daerah Tanjung Sakti.

"Mari kita sama-sama menjaga icon kita yakni tugu perjuangan, supaya tugu tersebut dalam terlihat rapi dan bersih," tandas Junika. BRN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: