Honda

Resep Es Pisang Ijo, Lembut dan Nyegerin

Resep Es Pisang Ijo, Lembut dan Nyegerin

Resep Es Pisang Ijo-ig by sarwokotiti-

PALEMBANG, PALPRES.COM -  Panas-panas gini, enaknya makan yang seget-seger, apalagi kalau bareng doi,  tambah seger banget, gimana kalau kita buat es pisang ijo?

Es pisang ijo adalah panganan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Hidangan ini diolah dari buah pisang raja, ambon, atau kepok yang sudah matang, ehmm rasanya pasti enak.


Dinamakan pisang hijau karena terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau alami dari campuran daun pandan dan daun suji.


Pisang dibalut dengan adonan tepung beras bercampur santan dan air daun pandan yang memberi warna hijau dan aroma pandan.

 

BACA JUGA:Resep Es Jagung Viral, Lezat dan Menyegarkan Harimu


Kalian wajig mencicipi dijamin kamu ketagihan manis lembutnya jajanan khas Makassar ini. Pisang dibalut adonan yang enak dinikmati dingin sebagai sajian selingan.


Es pisang ijo yang populer hingga ke berbagai kota Indonesia. Saking populernya hingga ada franchise jajanan manis ini dalam bentuk gerai.


Sesuai dengan namanya, jajanan ini berupa es yang terdiri dari pisang dibalut adonan hijau. Dipotong dan disajikan dengan bubur sumsum, kuah santan dan sirop merah serta es.

Es pisang ijo emang bikin mata segar, deh. Kulitnya yang lembut, pisang yang manis, serta es yang segar bikin mata jadi melek dilansir dari akun instagram @sajiansedap. Buruan coba!

BACA JUGA:Coba Resep Ini, Es Doger Ekonomis Pasti Kamu Ketagihan



ES PISANG IJO
By @sajiansedap

Bahan:
3 buah pisang raja
50 gram tepung beras ketan
75 gram tepung beras
275 ml santan
½ sdt garam
25 gr gula pasir
1 sdt pasta pandan

Bahan saus:
50 gram tepung beras
½ sdt garam
350 ml santan
2 lbr daun pandan

 

BACA JUGA:Pindang Udang Satang Kuah Segar Khas Palembang Wajib Kamu Coba

Pelengkap:
Es batu
Sirup coco pandan
Daun pisang
Tali kasur

Cara membuat:
-  Kukus pisang sampai matang. Sisihkan.
-  Kulit, masukkan tepung beras ketan, tepung beras, santan, garam, gula pasir, dan pasta pandan. Gunakan api kecil masak sampai kalis.
-  Ambil selembar daun pisang. Olesi dengan minyak goreng. Ambil adonan kulit. Letakkan pisang diatas adonan kulit. Gulung. Ikat kedua sisi dengan benang. Kukus 25 menit sampai matang.
-  Saus, masukkan tepung beras, garam, santan, pandan. Masak hingga meletup-letup.
-  Sajikan pisang ijo dengan saus, es batu dan sirup coco pandan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: