Honda

Berkolaborasi Dukung Program IDLS, Muba Tandatangani Komitmen Bersama

Berkolaborasi Dukung Program IDLS, Muba Tandatangani Komitmen Bersama

Kepala Di kominfo Muba Bersama Kabag Kerjasama Setda Muba Hadir di Acara puncak pertemuan IDLS Nasional di Bali. -Kominfo Muba For Palpres.com-

*Termasuk Daerah Piloting Pada Digital Services Living Lab Summit 2022 

BALI, PALPRES.COM- Pemkab Musi Banyuasin terus action untuk mempercepat proses akselerasi transformasi digital, salah satunya terus meningkatkan nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk mencapai birokrasi yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. 

Hal terbukti nyata, dibawah kepemimpinan Pj Bupati H Apriyadi melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muba berhasil meraih nilai indeks tertinggi di Sumatera Selatan dalam penerapan SPBE dan Muba tergabung dalam 62 Kabupaten/kota sebagai pilot project Indonesian Digital Service Living Lab. 

BACA JUGA:Belajar ke IT Center BP BATAM, Ini yang Dilakukan Dinkominfo Muba

Tepat pada hari ini, Senin 21 November 2022 di Kampus UID Simpang Serangan Kura-Kura Bali, Kabupaten Musi Banyuasin hadir  sebagai salah satu piloting di pertemuan puncak Indonesia Digital Servics Living Summit (IDLS) nasional atas radiogram Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. 

Sekaligus melakukan penandatangan komitmen bersama Implementasi Platform Kolaboratif Indonesia Digital Service Living Lab. 

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas hadir secara virtual melalui zoom meeting menyampaikan pesan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengenai Reformasi Birokrasi. 

BACA JUGA:Wujudkan Keterbukaan Informasi Publik, Dinkominfo Muba Ikuti Rakor PPID Se Sumsel

Ada 3 garis besar arahan Presiden Jokowi meliputi birokrasi yang berdampak dirasakan langsung oleh masyarakat, kemudian reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas, dan terakhir birokrasi harus lincah dan cepat. 

"Ketiga arahan Presiden Jokowi tersebut menurut Menteri Azwar Anas telah diterjemahkan ke dalam 7 program prioritas KemenPANRB meliputi Pemangkasan Proses Bisnis Layanan Kepegawaian, Berdampak pada Jutaan ASN, Penerapan Reformasi Birokrasi Tematik, pada 4 Kluster Prioritas, kemudian Transformasi Profesionalisme ASN Berbasis Digital,"tandasnya. 

BACA JUGA:Dinkominfo Muba Dorong Pembentukan Kelompok Infomasi Masyarakat Tiap Desa

Kemudian, Menteri Azwar Anas menjelaskan penerapan reformasi birokrasi (RB) tematik dengan menerjemahkan arahan Presiden Jokowi meliputi RB Pengentasan Kemiskinan, RB Peningkatan Investasi, RB Percepatan Prioritas Aktual Presiden, dan RB Digitalisasi Administrasi Pemerintahan. 

"Kemudian RB Tematik bertujuan mempercepat manfaat program pembangunan, dengan keharusan berkontribusi langsung ke program prioritas Presiden, serta mempercepat penyelesaian permasalahan utama di masyarakat. 

BACA JUGA:Dinkominfo Muba Gelar Sosialisasi dan PPID Desa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: