Honda

Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia, Penghubung Tol Kapal Betung Menuju Jambi

Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia, Penghubung Tol Kapal Betung Menuju Jambi

Jembatan Ogan yang menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia-Tangkapan layar-IG/@anaksungai.tv

PALEMBANG, PALPRES.COM - Jembatan Ogan yang menjadi titik penghubung pada ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) menuju Jambi digadang-gadang merupakan jembatan tol terpanjang di Indonesia.

 

Jembatan sepanjang 1,6 Km ini dibangun menggunakan produk-produk lokal asli Indonesia, dengan lebar bentang utama 385 meter, clearance horizontal 185 meter dan clearance vertikal 16,5 meter.

 

Jembatan ini berada di KM 364 yang menghubungkan antara Desa Rasau dengan Desa Harapan Kecamatan Pamulutan Kabupaten Ogan Ilir yang dapat memicu geliat ekonomi warga. 

 

Hal itu dikarenakan, dengan adanya tol ini akan mempersingkat waktu yang sebelumnya 90 menit menjadi 30 menit sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga setempat. 

BACA JUGA:Menilik Jembatan Kali Kuto, Jembatan Tol Pertama di Indonesia yang Strukturnya dirakit Langsung di Lokasi

 

Menariknya, jembatan yang diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut dihiasi dengan Ornamen Songket Palembang di sepanjang parapetnya. 

 

Selain itu, disekitar jembatan juga dibangun Replika Candi Muara Takus yang melambangkan situs sejarah Kerajaan Sriwijaya.

 

Dikutip palpres.com dari binamarga.pu.go.id, jalan Tol yang dikelola oleh PT Waskita Sriwijaya Tol dibangun dalam dua tahap, tahap pertama terbentang dari Kayu Agung hingga SS Kramasan sepanjang 42,5 Km yang sudah dioperasikan pada bulan April 2020 dan Januari 2021.

 

Selanjutnya tahap kedua SS Kramasan - Betung sepanjang 69,19 Km yang masih dalam tahap penyelesaian konstruksi.

 

BACA JUGA:Mantap! Tol Bakauheni-Palembang-Jambi Akan Terkoneksi 2024

 

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan, untuk tahap kedua SS Kramasan - Betung saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi dengan progres sebesar 22% dan akan ditargetkan beroperasi pada tahun 2023.

 

“Keberadaan Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung, selain menghemat waktu perjalanan pengguna jalan tol juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi wilayah, tidak hanya untuk pengguna jalan tol melainkan masyarakat sekitar wilayah daerah yang diharapkan dapat merasakan peningkatan ekonomi wilayah dengan kehadiran jalan tol ini.” Ujar Sekretaris BPJT Triono Junoasmono

 

Kehadiran Jalan tol dengan nilai investasi sebesar 22,17 T juga terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti Kawasan Industri, Pariwisata, Bandara, dan Pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

 

Tol Kapal Betung ini diyakini akan memberikan kontribusi mengurai kepadatan lalu lintas yang selama ini terjadi. 

BACA JUGA:Warga Jambi Ini Mendadak Kaya Raya Akibat Tol Betung-Jambi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: