Honda

Resep Cumi Saus Padang Ala Resto, Menemani Santap Siang Anda

Resep Cumi Saus Padang Ala Resto, Menemani Santap Siang Anda

Resep cumi saus padang ala resto -IG by Arsanti96-

PALEMBANG, PALPRES.COM -  Beragam seafood disajikan di berbagai resto termasuk warung tenda.  Biasanya dimasak saat dipesan sehingga masakan lebih segar.

 

Semua pada suka cumi saus padang, apalagi buatan resto ataupun warung tenda seafood? nah buat sendiri aja, dengan cumi segar dimasak dengan bumbu pedas dan rempah-rempah.

 

Cumi-cumi juga mengandung mineral penting seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor, seng, dan iodum yang bermanfaat bagi tubuh.

 

Fosfor dan kalsium berguna untuk pertumbuhan kerangka tulang, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan untuk mencegah osteoporosis di masa tua.

 

BACA JUGA:Tempe Teri Kacang Alternatif Saat Tak Ada Lauk

 

Cumi saus padang merupakan salah satu olahan cumi-cumi dengan saus cabe melimpah sehingg rasanya pedas dan mantab, sedikit manis serta gurih, tentunya paling enak dimakan dengan nasi hangat.

 

Cumi adalah sumber protein yang masaknya cukup sebentar, Jika memasak dengan suhu sedang, biasanya tekstur cumi jadi alot.

 

Untuk durasi memasaknya pun cumi-cumi membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit. Bila lebih dari ini, dibutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk bisa empuk lagi

 

BACA JUGA:3 Resep Olahan Tahu Rasanya Nampol Banget, Coba Praktekin di Rumah Yuk!

 

CUMI SAUS PADANG
Recook by SMarisa

Bahan-bahan :
750 gr cumi segar
1/2 sdt garam
1 sdm baking soda
1 batang serai, geprek
3 daun jeruk
1 buah jahe
2 sdm saus tomat
2 sdm saus tiram
2 sdm sambal cap ibu jari (me: skip)
100 ml air
2 sdm air asam jawa
1 cabai merah, iris
1 batang daun bawang, iris
1 buah bawang bombai, iris
1 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica

Bumbu Halus :
7 siung bawang merah
4 siung bawang putih
6 cabai keriting

 

BACA JUGA:4 Rekomendasi Cafe Hits di Palembang



Cara Membuat :
-Siangi cumi, potong, cuci. Rendam cumi dengan baking soda, garam, dan air selama 15-20 menit. Buang air rendaman dan cuci bersih cumi kemudian saring. Goreng cumi sebentar. Pastikan minyak benar-benar panas.

-Tumis bumbu halus masukkan bawang bombai, cabai merah, serai geprek (ikat), daun jeruk, dan jahe geprek. Tambahkan air, saus tomat, saus tiram, air asam jawa. Aduk rata.

-Masukkan cumi ke saus, lalu bumbui dengan garam, gula, dan merica. Tambahkan daun bawang, masak sebentar. Cumi saus padang siap disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: