Honda

Kenali Tanda-tanda Pengguna Narkoba, Begini Penjelasan Lengkap Kapolda Sumsel

 Kenali Tanda-tanda Pengguna Narkoba, Begini Penjelasan Lengkap Kapolda Sumsel

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK -Humas Polda Sumsel-palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM  - Narkoba merupakan barang terlarang yang sangat berbahaya, bahkan akibatnya pada tubuh bisa permanen. 

Bahaya narkoba tidak hanya menyerang secara fisik, tapi juga kondisi psikis penggunanya. 

Apa saja ciri-ciri pengguna dan bahayanya bagi kesehatan, berikut ini ulasannya menurut Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK dalam kegiatan Jumat Curhat di Aula Kantor Camat Ilir Timur (IT) I di Jalan Mayor Santoso No 1.20 ilir D III Palembang, Jumat 6 Januari 2023.

Irjen Pol Rachmad mengatakan, ciri-ciri pengguna narkoba bervariasi, yang bergantung pada jenis dan dosis narkoba yang dikonsumsi. 

BACA JUGA:Pemilik KIS Bisa Dapat Saldo DANA Gratis Rp3.000.000, Cek Status Kepesertaan BPJS Kesehatan Anda

Secara umum, berikut ini ciri-ciri pemakai narkoba yang dapat dikenali.

Seperti ciri fisik pemakai narkoba, dimana mata cekung kemerahan, kurang memperhatikan kebersihan, sehingga penampilan fisik jadi tidak terawat. 

Kemudian mudah tremor dan merasa gugup, perubahan berat badan drastis, warna kulit pucat, rambut rontok, memar atau infeksi yang tidak kunjung sembuh, rentan sakit, mengeluarkan air mata dan keringat berlebihan.

Sedangkan untuk ciri psikis pemakai narkoba yakni perubahan suasana hati yang signifikan, perubahan kepribadian, tidak dapat menikmati hal-hal yang dulu disukai, cenderung lebih impulsif, halusinasi dan delusi, muncul gejala depresi atau kecemasan, seperti panic attack. 

BACA JUGA:DANA Rp.4.200.000 Langsung Cair Untukmu, Segera Daftar Prakerja Gelombang 48!

Kemudian sulit berkonsentrasi, mudah marah dan tersinggung Insomnia. 

"Untuk gejala fisik, kita melihat beberapa jenis narkoba memunculkan beberapa tanda khas ketika dikonsumsi secara berlebihan. 

Misalnya, penggunaan ganja dapat menyebabkan mata merah, volume suara yang lebih keras, tertawa tanpa sebab, dan penurunan atau peningkatan pada berat badan," ujarnya.

Sedangkan ciri-ciri pengguna narkoba lainnya yang terlihat yakni cenderung memiliki kehidupan sosial dan finansial yang buruk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com