Honda

Rumah Sakit di Lahat ini Tak Lagi Menyandang RS Pratama, Loh Kok Bisa

Rumah Sakit di Lahat ini Tak Lagi Menyandang RS Pratama, Loh Kok Bisa

Bupati Lahat, Cik Ujang SH meletakkan batu pertama, pembangunan infrastruktur RS Pratama Tipe D, beberapa waktu lalu.-Bernat Albar-Palpres.com

LAHAT, PALPRES.COM- Pembangunan infrastruktur Rumah Sakit Pratama (RS) Pratama Tipe D, yang berada di Desa Muara Danau, Kecamatan Tanjung Tebat telah rampung 100 persen.

Nah, dari nama RS Pratama ganti baju menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D, ada beberapa hal yang mesti dipenuhi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Betul, semua pekerjaan telah selesai, dan bukan lagi RS Pratama melainkan RSUD Tipe D,” ungkap Kepala Dinkes Lahat, Taufik M Putra SKM MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan, H Ubaidillah SKM MM, Selasa 17 Januari 2023.

H Ubaidillah mengutarakan, kalau namanya masih Pratama, ketersediaan bed (tempat tidur) bagi pasien berjumlah 10 unit, kalau kini RSUD Tipe D, maka ada 57 unit yang disiapkan.

BACA JUGA:Pengurus RDS Lubuk Mabar Terbentuk, Gandeng Ibu-ibu PKK Bersihkan Desa

“Pengadaan fisiknya sudah dilaksanakan, tinggal memenuhi sumber daya manusia (SDM), apabila kekurangan maka akan dilakukan pembukaan formasi bagi tenaga kesehatan (Nakes),” sebutnya.

Dirinya mengemukakan, tahap pertama dilakukan di tahun 2021, yaitu pembangunan gedung A, gedung B, gedung C, dan gedung D. Sedangkan tahun 2022, pembangunan gedung E dan gedung F. 

“Total pagu anggaran Rumah Sakit Pratama Rp19 miliar,” ujarnya.

H Ubaidillah menjelaskan, gedung A merupakan gedung pelayanan administrasi, poli, dan laboratorium. Gedung B merupakan ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) terdiri dari ruang observasi, ruang Unit Gawat Darurat (UGD), dan ruang operasi kecil. 

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Air Terjun Terpopuler di Lahat, Ada Bidadari Hingga Maung

Gedung C merupakan gedung radiologi, lalu edung D dan E merupakan ruang perawatan terdiri dari sembilan ruangan, dan masing-masing ruangan ada enam tempat tidur. Gedung F merupakan ruang gizi dan ruang laundry.

“Untuk pembangunan gedung sudah 100 persen. dan persiapan alat kesehatan untuk standar rumah sakit tipe D, sudah 90 persen,” jelasnya. 

Ia menambahkan, masih ada pembangunan yang diperlukan, yaitu lapangan parkir, ruang farmasi, ruang Intensive Care Unit (ICU), kamar mayat, ruang kebidanan khusus dan persalinan, ruang dinas dokter spesialis dan dokter umum dan para medis.

“Pembangunan rumah sakit sudah selesai, begitupun alat kesehatannya sudah ada. Untuk pengoperasiannya, saat ini masih menunggu susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dan SDM,” tukas H Ubaidillah.

BACA JUGA:Pemilik KIS Dapat Dana Bansos BPNT Rp2.400.000, Begini Cara Pengajuannya

Sementara itu, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengatakan, saat ini Pemkab Lahat baru memiliki satu rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe C dan 33 puskesmas. 

RS Pratama ini menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang memiliki peran strategis, dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Terutama masyarakat yang tidak mampu, serta masyarakat yang berada di daerah sulit dijangkau akibat kondisi geografis dan juga pembangunan RS Pratama ini adalah bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru SH MM," sebutnya.

Ia menerangkan, menyediakan pelayanan perawatan dan pengobatan bagi masyarakat. Berupa pelayanan rawat inap, rawat jalan, gawat darurat, UGD serta pelayanan penunjang lainnya. Keberadaannya untuk menjamin akses kesehatan masyarakat terutama masyarakat di 7 Kecamatan.

BACA JUGA:Polisi Ungkap Kronologi Tawuran Antar Warga, Berawal Saling Tantang di Medsos Berujung Korban Jiwa

"Antara lain, Tanjung Tebat, Kota Agung, Mulak Ulu, Mulak Sebingkai, Pagar Gunung, Gumay Ulu dan Pulau Pinang. Bisa meringankan beban masyarakat miskin yang tidak mampu berobat di RSUD Lahat karena jarak tempuhnya. Semoga kedepan RS Pratama mampu melayani dan meningkatkan kesehatan masyarakat,” tandas Cik Ujang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com