Honda

Jelang Puasa Harga Daging Sapi Stabil, Dua Item Ini Harganya Naik

Jelang Puasa Harga Daging Sapi Stabil, Dua Item Ini Harganya Naik

Tampak Ibu Ris pedagang daging sapi di Pasar Lematang, dan harganya stabil jelang bulan puasa-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Kendatipun Bulan Suci Ramadan 1444 H tidak lama lagi, hanya saja, beberapa komoditi unggulan berupa telur, cabe setan, daging sapi, bawang dan sayur mayur terpantau relatif stabil dan ada pula yang sudah mengalami kenaikan cukup signifikan.

Pantauan di Pasar Lematang, untuk harga daging sapi sendiri belum begitu mengalami kenaikan, di tingkat pedagang dijual di kisaran Rp135.000 - Rp140.000 perkilogram, begitu pula dengan tulang serta hati sapi di angka Rp100.000 perkilonya.

Selain itu, untuk harga telur perkarpet semula Rp52.000 kini Rp55.000, begitu pula dengan cabe setan, dimana harga biasanya Rp48.000 perkilo, kini menyentuh Rp60.000 perkilogram.

"Betul, untuk sementara ini tidak ada kenaikan, akan tetapi saya tidak mengetahui ketika dekat-dekat bulan puasa," kata Ibu Ris, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Lematang, Kamis 16 Maret 2023.

BACA JUGA:Begini triknya Bikin Sambal Ijo Ala Rumah Makan Padang Wangi Semerbak dan Antipahit

Sejauh ini, sambung Ibu Ris, untuk pembelian relatif standar tidak begitu ramai, tetapi terbantukan dengan langganan rata-rata dari rumah makan yang setiap hari membutuhkan setidaknya 5 Kg daging sapi.

"Terkadang di Pasar Lematang ini terjual 2-3 Kg saja, tapi untungnya kami disini terbantu dengan langganan lama," terangnya.

Akan tetapi, lanjut dirinya, pedagang daging disini sedikit terusik dengan kehadiran pelaku usaha sama, yang memilih berdagang di luar pasar dengan harga miring.

"Tentunya, kami minta supaya pedagang dari daerah lain tidak berjualan di luar pasar, apalagi harganya murah justru itu merugikan kami disini yang sudah lama berjualan," tegas Ibu Ris.

BACA JUGA:BLT BSU Ketenagakerjaan 2023 Belum Jelas, Pekerja Masih Bisa Dapat BLT Rp700.000

Terpisah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pasar Lematang, Misna SE menerangkan, bahwasanya untuk harga daging sapi relatif masih stabil.

"Biasanya kalau sudah dekat puasa baru harganya mulai melonjak cukup tinggi.

Tapi kami sarankan jangan terlampau kelewatan hal ini akan mempengaruhi daya beli konsumen," sebutnya.

Disamping itu, masih kata dia, untuk sayur mayur jenis cabe setan semula di angka Rp48.000 perkilo naik menjadi Rp60.000 perkilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: