Honda

Wow, Uang Kertas Kuno Ini Dihargai Setara 8 Mobil Avanza Terbaru!

 Wow, Uang Kertas Kuno Ini Dihargai Setara 8 Mobil Avanza Terbaru!

Ilustrasi-Dok Palpres-

JAKARTA, PALPRES.COM – Beberapa bulan ini banyak sekali berita berseliweran mengenai harga uang kuno dihargai dengan nilai fantastis.

Mulai dari yang menyita perhatian publik yakni uang koin Rp1000 Kelapa Sawit yang dihargai hingga ratusan juta, hingga uang kertas kuno yang setara kilogram emas.

Nah, tahukah kamu ternyata ada lagi yang lebih gila.

Konon, ada beberapa uang kuno yang jika dijual ditaksir seharga 8 mobil Avanza keluaran terbaru.

BACA JUGA:6 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia versi QS WUR by Subject 2023

Bahkan diketahui, demi mendapatkan uang kuno ini para kolektor rela merogoh kocek mereka hingga Rp1,5 miliar hanya demi mendapatkan satu lembar uang kertas jadul tersebut. 

Lantas, uang kertas jadul apa saja yang memiliki harga mecapai miliaran rupiah hingga banyak diburu oleh kolektor dalam hingga luar negeri? 

Ini penjelasannya!

1. Uang kertas Gulden seri JP Coen

BACA JUGA:Ibu Hamil dan Balita Penerima BLT 2023 Bakal Dapat Bansos Tambahan Selama 3 Bulan, Begini Alurnya!

Gulden merupakan mata uang keluaran De Javasche Bank, bank sentral pada masa Hindia Belanda yang berdiri sejak 1828. 

Gulden memiliki beberapa edisi yang salah satunya yakni seri Jan Pieterszoon (JP) Coen, Gubernur Jenderal Organisasi Dagang Hindi Belanda (VOC) pada abad ke-17. 

Gulden seri JP Coen terakhir terbit pada 1925-1931 dan kini menjadi salah satu uang kertas kuno terlangka dan termahal di Indonesia. Adapun empat pecahan uang kertas Gulden seri JP Coen yang menjadi incaran para kolektor antara lain pecahan 200 Gulden seri JP Coen, pecahan 300 Gulden seri JP Coen, pecahan 500 Gulden seri JP Coen, dan Pecahan 1000 Gulden seri JP Coen. 

Diketahui, Gulden seri JP Coen pecahan 1000 termasuk dalam tiga besar uang termahal di Indonesia karena tingkat orisinalitasnya yang tinggi, hanya memiliki tanda tangan Praasterink sebagai penanda keasliannya. Beserta dengan sertifikat aslinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: