Honda

CATAT, Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Empat Lawang Terapkan Kurikulum Merdeka

CATAT, Tahun Ajaran Baru, Sekolah di Empat Lawang Terapkan Kurikulum Merdeka

Kegiatan belajar mengajar di sebuah sekolah di Kabupaten Empat Lawang-Eko Wahyudi Palpres.com-

EMPAT LAWANG, PALPRES.COM - Menghadapi tahun ajaran baru 2023/2024 sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten EMPAT LAWANG akan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Fasilitator Sekolah Penggerak di Kabupaten Empat Lawang, Unseri mengatakan banyak sekolahan di Empat Lawang baru akan menerapkan kurikulum Merdeka tahun 2023/2024 ajaran baru ini. 

"Iya beberapa sekolah akan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka ini," kata dia.

Menurut Unseri, tahun pelajaran 2022/2023 yang berjalan ini sudah 3 SMP pelaksana sekolah penggerak, 2 SMP IKM mandiri. 9 SD PSP, 1 SD IKM mandiri. 2 PAUD. 2 SMA PSP yang menerapkannya. Sampai sejauh ini, imbuhnya, tidak ada kendala dalam penerapan kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Ciptakan Guru Yang Profesional dan Mendidik Melalui Kurikulum Merdeka

"Kendala yang sudah berlangsung setahun ini dari informasi kepala sekolah tidak ada," kata Unseri. 

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) juga sudah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah terkait dengan penerapan kurikulum merdeka. 

"Untuk tahun ajaran baru ini juga akan dilaksanakan lagi. Silakan tanya Kabid GTK Disdikbud," ucapnya. 

Unseri melanjutkan, beberapa SMP sudah melakukan workshop untuk persiapan pelaksanaan kurikulum Merdeka tahun ajaran baru ini.

BACA JUGA:Pertama di Lahat, SMPN 3 Bakal Terapkan Kurikulum Merdeka, Ini Penjelasannya

"Plusnya kurikulum merdeka ialah pembelajaran berpihak pada murid," ucapnya. 

Kurikulum Merdeka memiliki keunggulan yaitu lebih sederhana artinya fokus pada materi esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya.

Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak teburu-buru dan menyenangkan.

"Siswa dapat meningkatkan kemampuannya sesuai bakat dan minatnya," jelas Unseri.

BACA JUGA: Implementasi Kurikulum Merdeka, Kepsek SD dan SMP di OI Lakukan Ini

Satuan Pendidikan memiliki kewenangan untuk mengembangkan kurikulum dan pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak dan lingkungan sekolah.

Kurikulum merdeka lebih relevan dan interaktif. Pembelajaran melalui kegiatan project memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual.

Selain itu kurikulum Merdeka ditunjang oleh Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai tempat belajar, tentang kurikulum Merdeka disertai perangkat ajar seperti panduan pembelajaran dan asesmen, projek penguatan profil pelajar Pancasila, yang terverifikasi dan validasi tim Kementerian. 

Semua bisa didownload oleh guru dengan mengaktifkan akun belajar.id. dan menautkan di PMM baik melalui android maupun PC.

BACA JUGA:Punya Koin Kuno Rp100 Karapan Sapi Bisa Bawa Pulang Motor Honda BeAT, Jual ke Sini!

Masih menurut Unseri untuk dapat merasakan plusnya kurikulum Merdeka tidak lain adalah stakeholder pendidikan utamanya guru, kepala sekolah, pengawas sekolah dan jajaran struktural di Dinas pendidikan belajar bersama di komunitas.

"Terlebih sangat diharapkan guru untuk sebanyak mungkin ikut pelatihan Calon guru Penggerak, dan pengajar Praktik," pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: