Honda

CATAT, Daerah Ini Segera Terima Pencairan Bansos PKH Tahap 4 Rp500.000 Dibulan Oktober 2023

CATAT, Daerah Ini Segera Terima Pencairan Bansos PKH Tahap 4 Rp500.000 Dibulan Oktober 2023

CATAT, Daerah Ini Segera Terima Pencairan Bansos PKH Tahap 4 Rp500 Ribu Dibulan Oktober 2023-palpres.com-

JAKARTA,PALPRES.COM- Catat, daerah ini segera terima pencairan Bansos PKH tahap 4 senilai Rp500 ribu dibulan Oktober 2023. 

Bansos PKH tahap 4 sudah memasuki periode salur bulan September-Oktober 2023.

Berbeda dengan penyaluran tahap sebelumnya, Bansos PKH tahap 4 untuk pencairan melalui Bank hanya dicairkan untuk 2 bulan. 

Setelah Kementerian Sosial mengeluarkan aturan baru terkait penyaluran PKH, maka terdapat 2 skema penyaluran yaitu lewat PT Pos Indonesia disalurkan per tiga bulan dan lewat Bank disalurkan untuk 2 bulan. 

BACA JUGA:Alhamdulillah, Pencairan Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT Diperpanjang, Segera Ambil di Kantor Pos

BACA JUGA:Segera Cair Oktober, Bansos PKH Rp500 Ribu dan BPNT Rp400 Ribu Masuk Kartu KKS KPM

Sehingga pada PKH tahap 3, bagi para penerima bantuan sosial yang cair lewat Bank hanya memperoleh bantuan untuk alokasi bulan Juli-Agustus 2023.

Sementara periode September-Oktober masuk dalam PKH tahap 4. 

Merujuk aturan terbaru tersebut, maka jumlah bantuan yang diterima oleh penerima bantuan juga mengalami perubahan. 

Untuk Kategori ibu hamil dan anak 0-6 tahun bantuan disalurkan sebesar Rp500.000, kategori lanjut usia dan disabilitas Rp400.000, pelajar SD Rp150.000, SMP Rp250.000 dan SMA mendapatkan Rp333.333. 

Lalu kapan proses penyaluran PKH tahap 4 akan mulai dilakukan pemerintah. 

BACA JUGA:Segera Ambil di Kantor Pos Sebelum Habis Waktu, Bansos PKH dan BPNT Juli-September Cair Hari Ini

BACA JUGA:Punya Kartu KIS PBI? Siap-siap Dapat 2 Bansos Cair Serentak Oktober 2023

Perlu diketahui, jika penyaluran PKH tahap 4 alokasi September-Oktober 2023 ini diperuntukan kepada penerima bantuan sosial atau yang disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang memiliki kartu KKS Merah Putih, atau yang cairnya lewat bank negara (BRI, BNI, Mandiri) dan BSI. 

Sedangkan untuk pencairan lewat PT Pos yaitu periode Oktober,November dan Desember kemungkinan besar akan mulai disalurkan para pertengahan bulan November hingga akhir Desember mendatang. 

Untuk daerah penyalurannya, pada PKH tahap 4 September-Oktober yang cair lewat Bank akan disalurkan di 431 daerah dari 514 daerah yang ada di Indonesia. 

Karena 83 daerah sisanya proses penyalurannya lewat Lembaga bayar PT Pos Indonesia. 

BACA JUGA:Ibu-ibu Sudah Bisa Belanja Sembako, BLT BPNT Rp400.000 Sudah Masuk Rekening, Cek kartu ATMnya Ya

BACA JUGA:CATAT! Ini Jadwal Pencairan BLT PKH dan BPNT Rp2.400.000 Oktober 2023

Bagi anda yang tinggal di 431 daerah ini, maka harap Bersiap karena proses penyaluran bantuan PKH tahap 4 sudah di depan mata. 

Tapi patut diingat juga bagi para penerima bansos untuk melakukan pengecekan atau update status penerima bantuan sosial melalui laman cekbansos.kemensos.go.id untuk mengetahui apakah anda masih akan dapat menerima pencairan bantuan sosial ditahap berikutnya. 

Karena setiap bulannya, Kemensos RI bersama Pemerintah daerah selalu melakukan verifikasi dan validasi untuk memastikan Masyarakat layak menerima bantuan sosial. 

Karena banyak juga data penerima bantuan sosial yang harus dinonaktifkan karena dianggap tidak layak, seperti karena sudah mampu, bekerja sebagai PNS, TNI/Polri dan karena factor-faktor lain yang menyebabkan nama KPM ditidaklayakan oleh Kemensos sebagai penerima bantuan. 

BACA JUGA:SELAMAT! KPM Golongan Ini Dapat Pencairan Bansos PKH dan BPNT Bulan Oktober

BACA JUGA:Pemiilik Kartu KIS PBI Bisa Dapat Bansos PKH Rp600.000, Cek Persyaratannya Ya

Maka dari itu harap cek secara berkala aplikasi Cek Bansos maupun laman cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat update terbaru seputar pencairan bantuan sosial.

Untuk proses pencairan PKH tahap 4 September-Oktober yang cair lewat bank kemungkinan besar akan mulai berjalan pada pertengahan bulan Oktober hingga awal November mendatang.

Selain mendapatkan bantuan tunai, para KPM juga mendapatkan bantuan sembako beras untuk alokasi bulan Oktober sebanyak 10 kilogram.

Bantuan sembako beras ini diperuntukkan kepada 21,35 juta Masyarakat miskin dan juga penerima bantuan sosial PKH. 

Untuk pengambilan bantuannya dapat melalui PT Pos, atau kantor kelurahan.*

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: