Honda

Patroli karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B pelopor Bergerak Cepat Padamkan Api

Patroli karhutla, Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B pelopor Bergerak Cepat Padamkan Api

Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B pelopor Bergerak Cepat Padamkan Api--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Personel Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor BKO Polres OKI dalan rangka Ops Stop Karhutla Musi-2023 dipimpin Bripka Satria Sembiring,SH. bersama pemadam kebakaran bahu membahu memadamkan kobaran api diwilayah PT. Waringin Agro Jaya (WAJ) Desa Jungkal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI.

Walaupun kobaran api tidak begitu besar, namun tetap membahayakan dikarenakan adanya musim kemarau.

Bripka Satria Sembiring SH mengatakan, lokasi titik api yang terjadi diwilayah PT. Waringin Agro Jaya (WAJ) Desa Jungkal Kecamatan Pampangan Kabupaten OKI tersebut, berhasil kami padamkan setelah berjibaku terlebih dahulu

Sementara Itu, Danyon Satbrimob Polda Sumsel Batalyon B Pelopor AKBP Andiyano, S.K.M. mengatakan, Setelah api berhasil dipadamkan Personel kemudian melaksanakan himbauan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk lebih peduli kepada lingkungan sekitar tempat tinggal mereka agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

BACA JUGA:Calon Pemimpin Masa Depan Wajib Baca!, Ini 5 Jenis Burung Perkutut Paling Cocok Anda Pelihara 

Personel juga mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya penanggulangan karhutla, membangun sinergi dengan masyarakat, kemudian apabila mengetahui kejadian kebakaran agar melaporkan ke kantor Kepolisian terdekat

Selain itu, kata AKBP Andiyano SKM personel juga mengedukasi masyarakat sekitar tentang bahaya dan dampak dari Karhutla, yaitu dampak kesehatan, transportasi dan perekonomian serta rusaknya ekosistem.

Ada pun beberapa hal yang menjadi penyebab munculnya bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini mulai dari faktor kesengajaan seperti oknum masyarakat yang dengan sengaja membuka lahan dengan membakarnya hingga faktor kelalaian dari masyarakat yang membuang putung rokok sembarangan.

BACA JUGA:Ada di Tengah Hutan, Dekat Kuburan Angker, Inilah Warung Terpencil di Kabupaten Cianjur

"Kami berharap kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, kita ketahui bersama saat ini kualitas udara di Provinsi Sumatera Selatan semakin tidak sehat. Kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama kita melakukan pencegahan karhutla di wilayah Kabupaten OKI,"katanya.

AKBP Andiyano SKM juga mengingatkan kepada personel untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu menjaga keselamatan satu sama lain pada saat pelaksanaan tugas dilapangan. Laksanakan patroli rutin ke daerah-daerah yang dianggap rawan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta berikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan untuk kelangsungan anak cucu kita nanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: