Honda

4 Tips Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan Rumah Supaya Segar dan Sehat

4 Tips Merawat Tanaman Hias di Dalam Ruangan Rumah Supaya Segar dan Sehat

Tips merawat tanaman hias dalam ruangan rumah supaya segar dan sehat--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Merawat tanaman hias dalam ruangan jadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, sayangnya terdapat beberapa kesalahan yang dapat merugikan tanaman kesayangan tanpa disadari. 

Tentu saja hal ini bisa menyurutkan semangat untuk para pemula, nah pada konten ini diulas sejumlah kesalahan dalam merawat tanaman hias dalam ruangan yang kerap terjadi dari kesalahan-kesalahan ini. 

Pada awalnya bisa jadi penyebab tanaman tidak sehat karena pemiliknya tidak memahami karakter tanaman itu sendiri.

Berikut 4 tips merawat tanaman hias dalam ruangan rumah supaya sehat dan segar, disimak ya!.

BACA JUGA:Rajanya Mobil Segala Medan, All New Triton Segera Mengaspal di Indonesia

1. Langsung menyiram ketika tanaman layu

Kesalahan ini sering terjadi pada pemilik yang trauma tanaman hiasnya mati, karena terlalu banyak menyiram air.

Kendati menyiram ketika tanaman layu tidak mengakibatkan sakit secepat menyiram terlalu banyak tetap saja hal ini dapat menyebkan stres dan mengganggu pertumbuhan.

Adapun langkah amannya pemilik bisa menyentuh media tanam sebelum menyiram, jika terasa kering lebih baik disiram walau tanaman terlihat segar.

BACA JUGA:5 Sungai Terpanjang di Sumatera, Sungai Musi Termasuk, Tapi Juaranya Sungai Ini?

Kalau takut lupa kamu juga bisa menggunakan pengingat di ponsel untuk mengecek tanaman jika lapisan media tanam terasa lembab kamu tak perlu menyiramnya. 

2. Kurang Cahaya Matahari 

Kesalahan ini juga sering dialami ketika menaruh tanaman hias indoor tak sedikit yang mengira tanaman sinar matahari rendah sama dengan tanpa sinar matahari.

Padahal tanaman sinar matahari rendah tetap memerlukan sinar matahari meski sedikit, jadi jika ruang apartemen atau rumah tidak mendapatkan sinar matahari alangkah baiknya secara rutin memindahkan tanaman.

BACA JUGA:3 Nama Daerah di Sumatera Selatan Berasal dari Singkatan, Ada yang Tahu Asal Usul Ogan Ilir?

Kamu bisa memindahkannya di area yang mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung, karena  merawat tanaman hias dalam ruangan membutuhkan pengertian dan perhatian. 

3. Terlalu banyak disiram air

Salah satu tanda kamu menyiram tanaman secara berlebihan adalah daun yang mulai menguning, tidak jarang sebagai pemilik tanaman baru akan langsung menyiram tanaman pada hari pertama.

Setelah itu kamu akan menyiram dalam jumlah banyak agar tanaman sehat dan segar, sayangnya hal ini justru terbalik dari kenyataannya.

BACA JUGA:Warga 7 Desa di OKU Selatan Belum Nikmati Listrik

Kelembaban yang berlebihan pada media tanam dapat menyebabkan busuk akar, penyakit ini menyebabkan akar lembek dan lunak kalau sudah begini akar sudah tidak mampu untuk menarik nutrisi atau menyerap air.

4. Memakai pot tanpa lubang drainase 

Siapa yang sering memanfaatkan mangkuk atau gelas cantik sebagai tanaman pot untuk tanaman hias dalam ruangan rumah? sebenarnya tidak salah menggunakan mereka asal alas dasarnya sudah dilubangi lubang ini digunakan sebagai drainase.

Tujuannya supaya media tanam tidak terlalu lembab, sebab jika drainase yang buruk dapat membuat tanaman stres dan akhirnya mati.

BACA JUGA:KEREN, Presiden Jokowi Akan Kirim Mobil Listrik ke SMKN 2 Palembang

Untuk menghindari hal tersebut sekitar 30 menit setelah penyiraman kamu perlu mengecek apakah air mengalir dengan baik atau tidak, jika dirasa drainase tidak berjalan dengan baik segera gantit tersebut jadi perhatikan benar-benar lubang drainase pot berfungsi dengan baik. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: