Honda

240 Peserta Lolos Tahap Administrasi Seleksi Program Bidiksiba dari Bukit Asam Tahun 2024

240 Peserta Lolos Tahap Administrasi Seleksi Program Bidiksiba dari Bukit Asam Tahun 2024

240 Peserta Lolos Tahap Administrasi Seleksi Program Bidiksiba dari Bukit Asam Tahun 2024-Bukit Asam-

MUARA ENIM, PALPRES.COM - Seleksi peserta Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) 2024 terus bergulir. 

Sebanyak 240 peserta berhasil lolos tahap administrasi dan mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu psikotes dan tes bahasa inggris.

Para peserta yang lolos tahap administrasi berasal dari berbagai wilayah sekitar unit PT Bukit Asam Tbk (PTBA). 

Dari total 240 peserta tersebut, sebanyak 175 orang berasal dari Unit Pertambangan Tanjung Enim, 8 orang dari Unit Dermaga Kertapati, 25 orang dari Unit Pelabuhan Tarahan, serta 32 orang dari Unit Pertambangan Ombilin.

BACA JUGA:Aktivitas Pertambangan Bukit Asam (PTBA) Makin Efektif Lewat Digitalisasi

BACA JUGA:Muara Enim Dapat Bantuan Mesin Pemusnah Sampah dari PTBA

Selanjutnya, sebanyak 183 peserta dari Unit Pertambangan Tanjung Enim dan Unit Dermaga Kertapati mengikuti psikotes dan tes bahasa inggris pada 20-21 Februari 2024.

Disusul 32 peserta dari Unit Pertambangan Ombilin pada 24 Februari 2024, dan 25 peserta dari Unit Pelabuhan Tarahan pada 26 Februari 2024.

Ketua Program Bidiksiba tahun 2024, Laurentius Agus Haryadi, menyatakan bahwa proses seleksi ini merupakan langkah awal yang penting dalam mendorong kemajuan masyarakat di sekitar wilayah operasi PTBA melalui bidang pendidikan.

"Dengan membuka kesempatan kepada siswa-siswi dari keluarga prasejahtera untuk meraih pendidikan, rantai kemiskinan dapat diputus. 

BACA JUGA:Menggaung di Kancah Nasional, Ini Kiprah UMK Kopi Semende Binaan Bukit Asam (PTBA)

BACA JUGA:Bukit Asam (PTBA) Terus Perluas Bisnis Energi Baru Terbarukan

Kami berharap program beasiswa ini memberikan dampak positif bagi masa depan para peserta dan masyarakat secara luas," kata Agus.

Program Bidiksiba bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi (Diploma Tiga atau D-III). 

Sejak 2013 hingga 2023 sudah ada 345 orang penerima beasiswa ini.

PTBA bekerja sama dengan Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Lampung dalam Program Bidiksiba 2024.

BACA JUGA:PTBA Berdayakan Ibu Rumah Tangga Kembangkan Batik Kujur, Hasilnya Wow!

BACA JUGA:PTBA Selesaikan PLTS Irigasi, Plt Bupati Muara Enim Beri Aspirasi Ini

Sebelumnya, Noval Hariyanto, seorang pemuda dari Desa Tegal Rejo, Kabupaten Muara Enim, berbagi pengalaman sebagai peserta Program Bantuan Biaya Pendidikan Mahasiswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) tahun 2014.

Meskipun berasal dari keluarga prasejahtera, Noval memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dengan latar belakang keluarga yang tidak mampu membiayai pendidikannya, Noval mencari beasiswa dan menemukan Program Bidiksiba dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA).

Melalui seleksi pada tahun 2014, Noval berhasil meraih beasiswa ini dan melanjutkan studi di Politeknik Negeri Sriwijaya (Polsri) jurusan Teknik Kimia.

BACA JUGA:Jadi Mitra Binaan PTBA, Petani Pringsewu Lampung Rasakan Perubahan Ini

BACA JUGA:Ketahui Perbedaan Helm KYT dan INK yang Ternyata Berasal dari Satu Pabrik di Indonesia

"Ayah saya bekerja sebagai tukang ojek. Untuk biaya kuliah, orang tua saya tidak memungkinkan untuk membiayainya. Saya cari beasiswa, ada Program Bidiksiba," ungkap Noval.

Dengan bantuan beasiswa Bidiksiba, Noval merasa semua kebutuhannya terpenuhi tanpa pernah merasa kekurangan. Bahkan, kecukupan tersebut membuatnya dapat fokus pada studi dan mencapai kesuksesan.

Saat ini, Noval telah bekerja sebagai Field Operator di perusahaan swasta yang bergerak di industri petrokimia.

Noval berharap agar Program Bidiksiba terus berlanjut untuk membantu mewujudkan mimpi anak-anak dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi PTBA.

BACA JUGA:PTBA Dirikan PLTS, Ini Hasil yang Didapat Petani Desa Nanjungan

BACA JUGA:Ikut Tanam 50.000 Bibit Mangrove di Kawasan Ekowisata Cuku Nyi Nyi, Ini Harapan dari PTBA

Dia memberikan pesan inspiratif, "Teruslah bermimpi, jangan takut bermimpi besar."

Hartono, VP Sustainability PTBA, menyatakan bahwa Program Bidiksiba sesuai dengan Noble Purpose PTBA sebagai anggota Grup MIND ID, yaitu membangun peradaban, meningkatkan kesejahteraan, dan menciptakan kehidupan yang lebih baik.

Hingga tahun 2022, Bidiksiba telah memberikan beasiswa kepada 277 penerima dari lulusan SLTA/sederajat dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi PTBA.

Program Bidiksiba menjadi wujud nyata dari komitmen PTBA dalam memutus rantai kemiskinan melalui sektor pendidikan.

BACA JUGA:Dapat Bantuan Pupuk Organik dari PTBA, Petani Muara Enim Rasakan Manfaat Ini

BACA JUGA:Dapat Bantuan Kemitraan PTBA, Ini Manfaat yang Dirasakan Istana Roti Bakery

Melalui beasiswa ini, ratusan anak muda dapat menggapai cita-cita mereka dan memberikan harapan baru bagi keluarga prasejahtera di sekitar perusahaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: