Alumni Unpal Dibekali Ilmu Pertanian Modern, Begini Alasannya

Minggu 11-09-2022,23:42 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM – Civitas akademika Fakultas Pertanian, Universitas Palembang (Unpal) resmi mengukuhkan lima sarjana pertanian dalam prosesi Yudisium dan Wisuda ke 35 di Gedung The Sultan Convention Center Palembang, Sabtu, 3 September 2022 lalu.

Para alumni ini sebelumnya sudah dibekali pengembangan teknologi melalui ilmu pertanian secara modern.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Palembang, Ir. Gamal Abd Nasser.M.Si menjelaskan, Indonesia merupakan negara agraris dengan lahan pertaniannya mencapai 80 persen dari luas wilayah.

Letak geografis Indonesia yang berada di atas garis khatulistiwa berimbas pada tumbuh suburnya keragaman jenis tanaman.

BACA JUGA:Panen Padi IP-200, Bupati Enos Komitmen Tingkatkan Kualitas Pertanian

“Iklim Indonesia tergolong tropika basah atau musim kering dan musim hujan yang hampir berimbang. Sehingga dari dulu, Indonesia dikenal dengan negara agraris. Rakyatnya hidup bermata pencaharian sebagai petani dan umumnya tinggal di pedesaan,” jelasnya.

Di sisi lain, sambung Ir Gamal, Indonesia masih tergolong dalam negara berkembang biak dalam urusan ekonomi maupun teknologi.

Menurutnya, kemajuan ekonomi akan dipercepat apabila didukung oleh kemajuan teknologi di segala bidang, termasuk teknologi yang mendukung kemajuan dan pengembangan pertanian.

“Untuk itulah, jangan takut untuk menjadi sarjana pertanian karena kesempatan kerja terbuka lebar asalkan ada keinginan untuk bekerja,” ucapnya.

BACA JUGA:Tingkatkan Sektor Pertanian di Lahat, Distribusi Bantuan Bibit Program Ketahanan Pangan

Dia menjelaskan, alumni Fakultas Pertanian sendiri dibekali ilmu pengembangan pertanian secara modern.

Dari sini, pihaknya berharap agar para alumni bisa mengabadikan diri kepada masyarakat serta mengaplikasikan ilmu yang didapat sehingga bisa  berkontribusi dalam kemajuan pertanian di Indonesia.

“Kami berharap pengukuhan kelulusan mahasiswa Fakultas Pertanian Unpal ini, menjadi bekal untuk memperluas manfaat ilmu dengan nilai-nilai entrepreneur sesuai dengan visi misi Universitas dan Fakultas Pertanian Unpal. Kami juga mendorong alumni untuk melanjutkan pendidikan sehingga nantinya bisa berkompetitif dalam mencari pekerjaan,” harapnya.

Kategori :