Ajak Mahasiswa Ubah Mindset Jadi Penghasil

Minggu 16-10-2022,00:17 WIB
Reporter : Sri Devi
Editor : Trisno Rusli

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan Ir. Agus Darwa M Si mengajak mahasiswa untuk mengubah mindset dari pembeli menjadi penghasil.

Hal ini disampaikannya saat mengisi kuliah umum dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Palembang, Sabtu 15 Oktober 2022.

“Dalam memantapkan serta memulihkan ekonomi, kita harus merubah pola pikir kita dahulu yang awalnya konsumtif menjadi produktif sehingga bisa mandiri memenuhi kehidupan sendiri dan tidak ketergantungan dengan orang lain,” jelasnya.

Dia menyebut, dalam menyukseskan kemandirian pangan tersebut dimulai dari kemandirian pangan pada tingkat rumah tangga.

BACA JUGA:Alumni Unpal Dibekali Ilmu Pertanian Modern, Begini Alasannya

Sebab, pangan merupakan kebutuhan dasar persyaratan dalam mempertahankan hidup.

“Bisa dimulai dari pemanfaatan pekarangan sempit untuk menghasilkan sayur-sayuran, seperti cabai, terong, tomat dan lainnya. Kita juga bisa mengajak warga sekitar rumah untuk ikut menanam di halaman pekarangan, sehingga nantinya bisa bertukar dengan warga lainnya atau dijual,” terangnya.

Apalagi tujuan utama gerakan mandiri pangan ini sebagai bentuk kepedulian kepada seluruh masyarakat. Sebab, gerakan ini tidak hanya ditujukan pada segmen tertentu, tetapi tertuju pada kesejahteraan rakyat.

“Karena kehidupan kita ini tidak terlepas dari pertanian,” tegasnya.

BACA JUGA:Univeritas Palembang Ubah Pola Pikir Mahasiswa Dalam Pertanian Modern

Untuk itulah, pihaknya berharap para mahasiswa dapat ikut menggaungkan dan mempelopori mandiri pangan kepada masyarakat.

“Apalagi mahasiswa merupakan salah satu komponen yang ikut ambil alih dalam menyukseskan mandiri pangan. Dengan begitu angka kemiskinan dapat semakin menurun,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKKMB, Asri Mulyadi ST MT mengaku melalui pengenalan kehidupan kampus diharapkan dapat menciptakan mahasiswa yang berkualitas, disiplin, toleran, dan bertanggung jawab.

“Selamat kepada mahasiswa baru kalian resmi bergabung di Universitas Palembang. Semoga apa yang sudah disampaikan para narasumber bisa menjadi bekal bagi mereka serta dapat membuka pola pikirnya dan menjadi mahasiswa yang dapat mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” harapnya.

BACA JUGA:Jaga Ketahanan Pangan, OKI Optimalkan Potensi Lahan Pertanian

Kategori :