SIMAK! Ini Dia 5 Tips Mencegah Henti Jantung Saat Berolahraga

Kamis 08-12-2022,10:59 WIB
Editor : Sri Devi

PALEMBANG, PALPRES.COM - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang memakan banyak energi. Namun, saat berolahraga perlu diperhatikan bahwa kondisi badan Anda.

Jika sudah Anda pensinyalan listrik di jantung Anda, sebaiknya Anda beristirahat sejenak dengan meminum sedikit air mineral agar aktivitas pensinyalan listrik di jantung Anda kembali normal.

Pasalnya, saat berolahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dari biasanya. Oleh karena itu, jantung akan memompa darah lebih cepat dari biasanya.

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat olahraga untuk jantung tanpa menimbulkan masalah seperti henti jantung, Anda bisa mengikuti tips berikut yang dikutip dari hellosehat.com.

BACA JUGA:Wawako Muhammad Fadli Wafat Usai Berolahraga, Ini 7 Artis dan Tokoh yang Meninggal Dunia Saat Berolahraga

1. Pastikan Anda berolahraga dalam kondisi sehat

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang memakan banyak energi. Jika saat ini tubuh Anda sedang sehat, ada baiknya Anda mengutamakan untuk beristirahat.

Berolahraga ketika sakit membuat tubuh Anda jadi lebih lelah dan manfaat yang didapatkan jadi tidak optimal.

Baiknya, imbangi olahraga dengan istirahat yang cukup agar tubuh Anda tidak bekerja terlalu keras saat melakukan latihan. Jadi, pastikan Anda cukup tidur setiap hari.

BACA JUGA: Wakil Wali Kota Pagar Alam Akan Dimakamkan Selepas Zuhur

2. Mulai dengan olahraga intensitas rendah

Tergiur dengan manfaat olahraga membuat Anda sangat antusias melakukan aktivitas fisik ini. Meski begitu, Anda tidak boleh berolahraga secara berlebihan, apalagi jika Anda seorang pemula.

American College of Cardiology merekomendasikan untuk melakukan olahraga intensitas sedang, yakni minimal 30 menit setiap hari dalam seminggu.

Lakukan hal ini secara rutin dan Anda boleh menambahkan durasi olahraga secara perlahan setelahnya.

Selain durasi latihan, Anda bisa juga perlu menentukan denyut jantung yang harus dicapai saat berolahraga. Anda bisa mengeceknya lewat kalkulator detak jantung.

Kategori :