Selain itu di generasi ini Kijang mulai lahir dalam jumlah varian yang banyak.
Sebab di generasi ini terdapat pilihan sasis panjang dan sasis pendek.
4. Generasi IV (1997-2004): Kijang Kapsul
Toyota kijang mulai memperhatikan unsur aerodinamika dengan merilis generasi ‘Kijang Kapsul’.
Modelnya lebih membulat, dengan total varian mencapai 18 model.
Banyaknya model karena memang banyak pilihan mesin yang diusung.
Jika sebelumnya ada mesin bensin 1.800 cc (tipe 7K).
Di generasi ini lahir mesin diesel 2.400 cc (tipe 2L).
Di tahun 2000, Toyota juga mulai memproduksi Kijang dengan sistem pengabutan bahan bakar menggunakan injeksi.
Ada dua pilihan tipe mesin bensin EFI (Electronic Fuel Injection).
Yaitu 7K-E dengan kapasitas 1.800 cc bertenaga 80 dk dan 1RZ-E berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 100 dk.
5. Generasi V (2004-2015): Kijang Innova
Toyota Kijang tampil semakin modern dan nyaman dengan hadirnya ‘Kijang Innova’.
Hal paling mendasar, karena mobil ini memakai suspensi independen double wishbone di depan dan suspensi 4-link di belakang.