Mantap, 6 Jalan Tol Ini Dipasang Alat Anti Gempa

Kamis 02-02-2023,12:09 WIB
Reporter : Trisno Rusli
Editor : Trisno Rusli

Hal ini diketahui saat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melihat Pabril LRB di PT Magdatama Multi Industri, Karawang, Senin 30 Januari 2023 kemarin.

Pembuatan LRB ini sangat menarik karena berasal dari barang dalam negeri.

Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan membuka lapangan pekerjaan.

Atas dasar itu juga, PT. Magdatama Multi Industri memproduksi Produk Bearing dan Expansion Joint memanfaatkan bahan di dalam negeri.

BACA JUGA:Tol Simpang Indralaya-Prabumulih Tinggal Kerjakan Rest Area, Ini 5 Ruas JTTS Selesai Tahun 2023

Seperti diketahui, Magdatama merupakan perusahaan spesialis yang khusus bergerak dibidang Expansion Joint, Structural Bearing, dan Seismic Isolator, sejak tahun 1991.

“Kami berharap agar LRB ini dapat diaplikasikan tidak hanya pada Jalan dan Jembatan saja, namun juga dapat diaplikasikan pada bangunan di Indonesia” tutur Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dilansir Palpres.com melalui laman bpjt.pu.go.id, Kamis 2 Februari 2023.

Keberadaan LRB yang vital ini harus diuji secara kondisi dinamik gempa untuk membuktikan performa karakteristik.

Diketahui sejauh ini sudah ada fasilitas pengujian dinamik gempa dengan kecepatan tinggi untuk Seismic Isolator yang pertama di Indonesia, yaitu MSLAB, dimana mesin uji yang dimiliki termasuk yang terbesar di Asia Tenggara.

BACA JUGA:MANTAP! Jalan Tol Kapal Betung Tahap Akhir Konstruksi

“Kami (Kementerian PUPR) telah memiliki peta titik – titik daerah rawan gempa, kedepannya LRB ini akan diaplikasikan juga pada bangunan – bangunan didaerah rawan gempa,” Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Pemerintah sendiri sudah memasang Lead Rubber Bearing (LRB) di 6 ruas jalan tol yakni Tol 6 Ruas Dalam Kota (Kelapa Gading – Pulo Gebang), Tol – Tol Trans Sumatera Mulai dari Aceh sampai Lampung, serta Tol Bogor Ring Road.

Diharapkan dengan pemasangan LRB ini bisa memberikan kenyaman bagi masyarakat pengguna jalan tol saat terjadi gempa bumi.*

Kategori :