Kisah Sulikin, Anak Petani yang Sukses Menggapai Cita-cita Berkat Beasiswa Bidiksiba PTBA

Jumat 24-03-2023,14:40 WIB
Reporter : Tom
Editor : Tom

TANJUNG ENIM, PALPRES.COM – Menggapai pendidikan yang tinggi ditengah keluarga yang ekonominya pas-pasan, jauh dar angan-angan Sulikin, anak petani Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

Dengan kondisi perekonomian keluarga yang amat terbatas, tentunya membuat Sulikin enggan bercita-cita tinggi.

Namun hal itu berubah, setelah PT Bukit Asam hadir dengan programnya Beasiswa Pendidikan Sekitar PT Bukit Asam Tbk (Bidiksiba).

Anak-anak dari keluarga penuh keterbatasan seperti Sulikin pun bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, demi menggapai cita-citanya. 

BACA JUGA:Punya 3 Uang Kertas Kuno Ini, Bisa Beli 9 Honda Beat Keluaran Terbaru Buat Lebaran 1444 H Nanti!

Program Bidiksiba adalah beasiswa pendidikan yang diberikan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) kepada pelajar lulusan SMA sederajat dari keluarga pra sejahtera ,untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi.

Para anak-anak yang menerima Program Bidiksiba, adalah yang berasal dari keluarga pra sejahtera yang berada di sekitar daerah operasional perusahaan. 

Keluarga Sulikin masuk dalam ring 1 PTBA.

Lulus SLTA pada 2016, Sulikin mengaku ikut dalam Beasiswa Bidiksiba, setelah mendapat informasi perihal program tersebut dari teman-temannya.

BACA JUGA:Punya 10 Keping Uang Koin Jenis Ini Bisa Bawa Pulang 1 Unit Honda PCX160

Sulikin mengaku awalnya dia tidak pernah berpikir bisa menempuh pendidikan tinggi, karena keterbatasan perekonomian keluarganya.

Kehidupannya terbilang jauh dari pas-pasan, karena ayahnya seorang petani, sedang sang ibu hanyalah ibu rumah tangga.

Namun semangatnya untuk mengubah nasib kembali menyala, saat mendapatkan informasi dari kawan-kawannya bahwa PT Bukit Asam membuka program Beasiswa Pendidikan Sekitar PT Bukit Asam Tbk  atau Bidiksiba.

Melalui serangkaian tes, Sulikin berhasil lulus dalam program tersebut.

BACA JUGA:Ini 6 Daerah Paling Miskin di Provinsi Lampung, Daerahmu Ada?

Kategori :