4 Profesi yang Ditekuni Sahabat Nabi Muhammad Saw, Apa Saja?

Minggu 16-07-2023,21:59 WIB
Reporter : Ismail Pratama
Editor : Trisno Rusli

Sebagai sahabat Rasulullah Saw, dari kalangan pria menjadi seorang penenun pakaian di pasar, sedangkan wanita mengerjakan kerajinan tersebut dirumah.

Diantaranya bahan yang diperlukan, Sutra,Wol,Linen,dan beberapa barang lainnya yang di produksi secara lokal atau di impor ke Yaman, Syam, Irak dan India.

Beberapa sahabat Nabi yang menekuni di bidang ini diantaranya ialah Zubair bin Awwam,Amr bin Aas, Amir bin Kariz dan Sahl bin Saad yang tercatat dalam sejarah Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

4. Punjual Parfum

BACA JUGA:Mengenal Sahabat Nabi Abu Hurairah, Bapaknya Kucing

Pekerjaan sebagai penjual parfum juga salah satu pekerjaan yang ditekuni para sahabat Nabi, yang disebut dengan Al-Athar.

Seiring dengan penyebaram Islam, pejulan parfum semakin meningkat sampai dengan sekarang.

Dalam sebuah riwayat menyebutkan bahwa ada 3 yang tidak pantas ditolak yakni Minyak Wangi, Bantal dan Susu.

Dalam sebuah perkataan Ibnu Qayyim dalam Zaadul Maad, mengatakan bahwa wewangian merupakan salah satu hal yang disukai para malaikat dan tidak disukai para setan sehingga dirinya berlari.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Hamzah, Sang Singa Allah yang Jago Memanah

Karena yang disukai para setan ialah bau busuk atau tidak wangi.

Oleh sebab itu maka arwah baik pasti menyenangi aroma yang wangi sedangkan arwah yang jahat menyenangi aroma-aroma yang busuk.

Para sahabat Nabi yang menekuni di bidang ini diantaranya Abdullah bin Rabi'ah,Umm Abdullah yang bernama Asma binti Mukhribah dan Al Haula binti Tsuwaib.

Nah, Itulah beberapa profesi pekerjaan yang ditekuni oleh para Sahabat Nabi Muhammad Saw. Yang bisa jadi referensi buat kamu yang ingin memulai pekerjaan.*

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Hamzah, Sang Singa Allah yang Jago Memanah

Kategori :