20 Ribu Pelajar Muara Enim Sudah Melek Dunia Digital yang Sehat Beradab dan Bermanfaat, Mau Tahu Buktinya?

Jumat 21-07-2023,06:44 WIB
Reporter : Iqbal DJ
Editor : Iqbal DJ

Termasuk menjadikan Pancasila sebagai metode hidup di era modern ataupun digitalisasi seperti saat ini.

Untuk itu, selaku orang nomor satu di Kabupaten Muara Enim, ia berpesan kepada peserta webinar, para pelajar, agar menanamkan nilai-nilai Pancasila pada diri pribadi, resapi dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk etika (tatalaku/adab) dalam berinteraksi di ruang digital.

"Adik-adik pelajar tidak boleh mengabaikan etika. Sila-sila dalam Pancasila mengatur etika kehidupan bermasyarakat. Etika merupakan elemen penting dalam berinteraksi dengan orang lain, baik di kehidupan nyata maupun di ruang digital agar tidak menimbulkan perselisihan dan permasalahan dalam komunikasi," tandasnya.

Narasumber berikutnya ialah Dian Ikha Pramayanti, SP.t., M.Si  yang kesehariannya selaku Dosen, Writerpreneur, dan Entrepreneur dalam kesimpulan materinya menyebut bahwa perlu tanggung jawab pribadi pada diri sendiri dalam menjadi warga digital yang cakap dan bertanggung jawab, karena dunia nyata dan dunia digital sangat diperlukan saat ini.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bakal Resmikan 10 Bendungan, Salah Satunya di Daerah Kamu

Dian menambahkan, nilai-nilai Pancasila yang mengandung nilai cinta kasih, kesetaraan, harmoni, demokratis dan gotong royong hendaknya menjadi dasar dalam mencipta konten dan informasi di ruang digital sebagai karakter gen-Z dalam ruang digital.

"Menjadi pribadi berkarakter Pancasila berarti mampu membawa nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berteknologi digital," pungkasnya.

Terakhir, sebagai Key Opinion Leader Reni Risti Yanti menyimpulkan bahwa etika dalam berinteraksi sangat diperlukan baik di ruang digital maupun di dunia nyata.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain Kepala Dinas Kominfo Muara Enim Ardian Arifanardi, Kabid Pembina SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Ramlie, Sekretaris Yayasan Bukit Asam Amiruddin, Runner Literasi Digital Sumsel Suryati dan Kepala SMA Bukit Asam beserta ratusan guru dan ribuan siswa.

 

Kategori :