Disebut Niagara Mini, Ini Pesona Keindahan Air Terjun Temam di Lubuklinggau

Rabu 26-07-2023,14:40 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Fran Kurniawan

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kota Lubuklinggau merupakan satu diantara 17 kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Sama seperti daerah lainnya yang memiliki ke indahan objek wisata alam, ternyata di Lubuklinggau juga terdapat destinasi wisata alam Air Terjun Temam.

Air Terjun Temam sering disebut juga Niagara kecil yang berada di perbatasan Ontaria Kanada dan New York, Amerika Serikat.

Karena begitu populernya Air Terjun Temam, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar daerah Lubuklinggau.

BACA JUGA:Kalau Ada Masalah, Bersabar Guys, Ini Kata Ustadz Handy Bonny

Sebagian besar wisatawan merasa kurang lengkap saat berkunjung ke Lubuklinggau, tanpa mengunjungi Air Terjun Temam yang berada di Kecamatan Lubuklinggau Selatan 1.

Air Terjun Temam memiliki ketinggian sekitar 12 meter dan lebar sekitar 26 meter, dengan dihiasi bebatuan alam serta pepohonan hijau nan rindang, dimana aliran airnya berasal dari Sungai Temam.

Di bawah Air Terjun Temam terdapat kolam alami sedalam sekitar 4 meter, yang biasa digunakan warga sekitar dan pengunjung untuk mandi.

Bagi anda yang takut untuk mandi di kolam Air Terjun Temam, dapat menikmati keindahannya dari atas jembatan gantung sepanjang 100 meter yang menghubungkan hulu dan hilir Air Terjun Temam.

BACA JUGA:Digemari Makhluk Astral? Ini Misteri Batu Akik Kecubung Wulung yang Sangat Diincar dan Diburu Kolektor

Oh ya, menurut sejarah Air Terjun Temam pertama kali dikenalkan oleh orang Belanda sekitar tahun 1920, sebab daerah itu merupakan salah satu lokasi orang-orang Belanda bertamasya.

Perjalanan ke lokasi Air Terjun Temam bisa di tempuh dengan kendaraan roda dua dan empat, dengan jarak sekitar 11 kilometer kearah selatan Lubuklinggau, adapun waktu jarak tempuh sekitar 35 menit dari pusat kota.

Dari Kota Palembang Sumatera Selatan dapat di tempuh dengan 7 jam perjalanan darat, sedangkan dari Provinsi Bengkulu 4 jam perjalanan.

Fasilitas hiburan di Air Terjun Temam pun kini sudah dilengkapi oleh Pemerintah Kota Lubuklinggau, ada lampu sorot warna-warni, water park, sarana parkir, warung makan dan tangga menuju akses.

BACA JUGA:5 Fakultas Hukum Terbaik di PTN TOP QS WUR 2024, No 1 Bukan UI Apalagi UGM, Kampus Mana?

Kategori :