9 Amalan yang Perlu Dikerjakan Pada Hari Jumat, Nomor 4 Gunakan Pakaian Sewajarnya

Kamis 27-07-2023,20:09 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Fran Kurniawan

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Berikut ini 11 amalan pada hari jumat yang di sunnahkan Rosulullah untuk kita laksanakan, sebab Allah SWT pun menjadikan hari Jumat sebagai hari yang penuh keberkahan dan perintah shalat Jumat menunjukkan luar biasanya hari Jumat.

Agar sahabat semakin mendalami amalan-amalan hari Jumat, yuk simak ulasan artikel berikut ini, yangb kami rangkum dalam 9 amalan pada hari jumat yang perlu dikerjakan umat Islam

1. Mandi sebelum shalat Jumat 

Mandi sebelum melaksanakan sahalt jumat merupakan amalan yang dianjurkan Rasulullaah, hal ini menjadi ciri khas dari Rasulullah yang selalu menjaga kebersihan, sehingga, alangkah baiknya kita mencontoh amalan dari Rasulullah tersebut.

BACA JUGA:Pelosok Banget! Inilah Pasar Terpencil di Jawa Timur, Anehnya Selalu Ramai Pengunjung

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘’Jika salah seorang di antara kalian menghadiri shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi’’ (HR. Bukhari).

2. Memperbanyak memakai wewangian 

Kemudian amalan hari jumat yang dilakukan oleh Rasulullah adalah memakai minyak wangi dan siwak, serta menjaga kebersihannya saat hendak shalat Jumat, hal ini perlu dijadikan catatan agar kita senantiasa memakai parfum yang sewajarnya dan tidak berlebihan. 

“Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak)’’ (HR. Ibnu Majah).

BACA JUGA:Muzdalifah Tidak Malu Berjualan Tisu, Keuntungannya Cukup Banyak

3. Menerapkan amalan hari Jumat dengan bersiwak 

Dari Abu Hurairah R.A, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan atas umatku atau tidak memberatkan manusia, aku pasti memerintahkan mereka untuk bersiwak bersamaan dengan setiap kali shalat.” (HR. Bukhari, no. 887)

Rasulullah sangat menganjurkan untuk bersiwak. Senantiasa kita mencontoh amalan hari Jumat ini dengan konsisten yaitu bersiwak sebelum melakukan ibadah.

4. Menggunakan pakaian yang sewajarnya

BACA JUGA:MAGIS! Ini Dia 4 Keris Pusaka yang Dianggap Sakti, Nomor 3 Dipercaya Bawa Kutukan 

Kategori :