Jawara Betawi Pakai Batu Ini, Penunjang Kharisma dan Percaya Diri

Minggu 06-08-2023,18:13 WIB
Reporter : Sulis Utomo
Editor : Sulis Utomo

Para tuan tanah Belanda yang melihat para centeng menggunakan liontin di jari merasa bingung, dan kata "Pendant" dalam bahasa Belanda pun menjadi lafalan lokal "Pandan".

Para pemakai batu akik pandan biasanya mengenakan lebih dari satu, dan bentuk serta ukurannya yang bervariasi turut memengaruhi kepercayaan diri mereka.

Tak hanya bernilai seni, keberadaan batu akik pandan khas Betawi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal. 

Para penambang batu mulia dan pengrajin perhiasan di daerah Betawi berperan sebagai pelaku utama dalam menghasilkan dan memperindah batu akik ini sehingga dapat dijual ke pasar lokal maupun internasional.

BACA JUGA:Paket “JITU 1” dari IndiHome, Solusi Internet Unlimited Cepat hingga 100 Mbps

Batu Akik Pandan khas Betawi, sebagai permata langka dengan kekayaan budaya Nusantara, memancarkan pesona yang tak tergantikan. 

Keindahannya yang alami dan nilai budayanya menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk mengapresiasi dan melestarikan kearifan lokal Indonesia. 

Dengan demikian, Batu Akik Pandan tidak hanya menjadi bagian dari warisan budaya, tetapi juga menjadi simbol kebanggaan bagi Indonesia. *

 

Kategori :