Cocok untuk Pecinta Laut! Inilah 4 Jurusan Kuliah Kelautan, Ada di Kampus QS WUR 2024!

Jumat 25-08-2023,14:21 WIB
Reporter : Rida Satriani
Editor : Trisno Rusli

Agar mencapai kompetensi, mahasiswa Ilmu Kelautan pasti akan mempelajari geologi kelautan, botani laut, ekologi laut tropis.

Kemudian mikrobiologi, analisis dampak lingkungan dasar, dan pengetahuan lain yang berkaitan dengan laut.

Ada beberapa kampus terbaik QS WUR 2024 di Indonesia dengan jurusan ini diantaranha Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjajaran (Unpad).

Selanjutnya Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), hingga Universitas Hasanuddin (Unhas).

BACA JUGA:3 Jurusan Termurah Miliki Peluang Kerja yang Luas, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

2. Oseanografi

Kemudian ada Jurusan Oseanografi yang mempelajari fenomena fisis dan dinamis air laut agar dapat diterapkan pada bidang rekayasa, lingkungan, perikanan, bencana laut, dan mitigasinya.

Oleh sebab itu, mahasiswa juga akan mendalami pengetahuan mengenai arus laut, sedimen dasar laut, gelombang dan pasang surut.

Selanjutnya revolusi lempeng tektonik khususnya di samudra, hingga proses erosi dan sedimentasi daerah pantai.

BACA JUGA:5 Kampus Idaman Perusahaan, Begitu Lulus Langsung Kerja, Deretan PTN QS WUR 2024

Selain itu pula, ada pembelajaran konsep dasar ilmu kelautan sebagai orientasi proses alam yang terjadi di laut yang meliputi aspek kimia, fisika, biologi, geologi, dasar-dasar dinamika laut, hingga survei dan pemetaan laut.

Bahkan, selain ada kuliah teori, ada pula observasi langsung di lapangan, studi di laboratorium, pemodelan dan simulasi komputer, serta pemakaian aplikasi penginderaan jauh (remote sensing).

Beberapa kampus TOP QS WUR 2024 dengan jurusan Oseanografi diantaranya ada Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Undip, hingga Unhas.

3. Teknik Kelautan

BACA JUGA:10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

Pernah berkunjung ke dermaga atau melihat bangunan-bangunan pengeboran minyak lepas pantai? Nah, jurusan Teknik Kelautan memungkinkan kamu belajar keahlian pembuatannya.

Kategori :