Dia adalah yang terbaik di kelasnya apalagi dia sudah mengadopsi 3 baris kursi yang memang sangat disukai Kebanyakan orang di Indonesia.
Captiva bensin menggunakan mesin z24x2400 CC 4 silinder doc tenaganya 141 waspower torsinya 212 m pilihan transmisinya manual 5 speed dan terpendek 5 speed dan dia berpenggerak roda depan konsumsi BBMnya dalam kota sekitar 7 sampai 8 km per liter dan luar kota sekitar 10-12 km per liter.
Fiturnya untuk tipe LT dia sudah punya lampu projector halogen, rem ABS, 4 buah airbag, real steering, audio string control mid, display audio Double Din AC dengan pengaturan lengkap dan heater konsol box dengan armrest di baris kedua.
3 buah headrest di baris kedua lampu dan Power outlet di bagasi wiper belakang dan knalpotnya ada dua kelebihan.
Captiva adalah desainnya gaya amerikanya sangat kental mesinnya untuk yang varian bensin.
Dia tergolong bandel dan perawatannya cukup simple meskipun bukan diesel torsinya tetap besar namun untuk top speednya dia masih kalah dari varian diesel.
Captiva 2,4 tipe LT transmisi matic tahun 2008 harganya saat ini dimulai dari sekitar 86 juta Rupiah dengan pajak pertahun sekitar 2,8 juta.
2. Mazda tribut 2.0 transmisi matic tahun 2004
Mobil ini adalah kembaran dari Ford Escape tapi meskipun Ford Escape yang lebih terkenal emas dala yang membuat bodinya sementara Ford kebagian untuk membuat mesinnya mulai dipasarkan Global di tahun 2000 dan di Indonesia di tahun 2002.
Kehadirannya cukup langka di Indonesia. Mungkin ini karena desainnya justru Escape.
Masalah perawatan karena dia sendiri tergolong dan minim perawatan harganya sekarang dimulai dari sekitar 85 juta Rupiah dengan pajak pertahun sekitar 2,3 juta rupiah untuk mesin 2,3 dan mesin fisik harganya juga tidak jauh berbeda.
3. Ford Escape 2.3 Tipe X LT transmisi matic tahun 2007
Mobil ini adalah model facelift pertama dari generasi pertama forest.
Ford Escape ini sebenarnya melakukan dua kali facelift namun kalau di Indonesia model ini dianggap generasi kedua karena memang generasi keduanya tidak dimasukkan ke Indonesia.
Dari desainnya memang cukup banyak perubahan dari model awal termasuk variasinya yang sekarang hanya tersedia mesin 2,3 liter dengan transmisi matic saja.