7. Kemampuan Mengatasi Kritik
Orang yang cerdas secara emosi dapat menerima kritik dengan terbuka dan tidak merasa terancam olehnya. Mereka melihat kritik sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh, bukan sebagai serangan terhadap identitas atau nilai diri.
8. Menghindari Drama Tidak Perlu
Kecerdasan emosional juga terlihat dalam kemampuan untuk menghindari terlibat dalam drama atau konflik yang tidak perlu.
BACA JUGA:Tips Cerdas Bermedia Sosial menurut Ustadzah Bunda Shinta Tanjung: Dari Medsos Datangkan Kebaikan
Orang yang cerdas secara emosi tahu kapan harus memilih pertempuran dan kapan untuk mengabaikan hal-hal yang tidak berarti.
9. Kemampuan Mengatasi Frustrasi
Orang yang cerdas secara emosi tidak mudah merasa frustrasi oleh hambatan atau kesulitan. Mereka memiliki ketekunan dan keterampilan mengatasi tantangan, bahkan ketika situasi tidak berjalan sesuai rencana.
10. Kesediaan untuk Belajar dan Berkembang
BACA JUGA:Cerdas Mengelola Keuangan Menurut Tung Desem Waringin, Yuk Disimak
Orang yang cerdas secara emosi menyadari bahwa kecerdasan emosional dapat ditingkatkan dan terus berkembang.
Mereka bersedia belajar dari pengalaman, menerima umpan balik, dan terus berusaha menjadi versi yang lebih baik dari diri mereka sendiri. *