Kedua jenis knalpot ini melibatkan tabung yang dijadikan pengubunga mesin dengan bagian kepala knalpot.
Sederhananya, knalpot standar menggunakan tabung sebagai jalur untuk mengalirkan gas sisa pembakaran pada mesin atau disebut dengan partition.
Sementara knalpot brong tidak menggunakan tabung atau partisi, sehingga tidak ada bagian yang berfungsi untuk memecah suara (peredam) agar tidak bising.
Desain knalpot brong menggunakan kepala (header) berbahan galvanis atau pipa biasa langsung ke belakang tanpa tabung. Oleh sebab itu, suara dari knalpot brong ini terdengar lebih nyaring.
Selain itu, ada juga beberapa tipe knalpot standar juga ada yang dilengkapi dengan komponen bernama glsswool.
Komponen ini berupa serabut yang berfungsi membuat suara knalpot menjadi lebih halus lagi.
Sementara pada knalpot brong, komponen glasswool ini dihilangkan dengan tujuan membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih nyaring.