4. Jalan Tol Solo - Yogyakarta - Kulon Progo
Keempat adalah Jalan Tol Solo - Yogyakarta - Kulon Progo dengan penyerapan dana ganti rugi pembebasan lahan sebesar Rp3,407 triliun.
5. Jalan Tol Semarang - Demak
BACA JUGA:Inilah Proyek Ambisius Kereta Trans Sumatera, Butuh Investasi Rp41 Triliun, Kapan Terealisasi?
BACA JUGA:3 Kali Ganti Gubernur, Proyek Pelabuhan Rp 600 Miliar di Jambi Ini Mangkrak, Benarkah?
Kelima adalah Jalan Tol Semarang - Demak seksi 1 (satu) dan 2 (dua), yang menghabiskan dana pembebasan lahan sebesar Rp 2,691 triliun.
Khusus Jalan Tol Solo - Yogyakarta - Kulon Progo, biaya pembebasan lahannya cukup tinggi, karena harga lahan atau harga tanahnya pun terbilang tinggi.
Itu juga yang membuat anggaran pembuatan jalan tol ini membengkak.
Dengan besarnya dana yang dikucurkan untuk pembuatan tol diatas, setidaknya dapat bermanfaat utnuk menggerakan perekonomian masyarakat sekitar.
BACA JUGA:Diklaim Tahan Hingga 100 Tahun, Inilah Proyek Jembatan di Kepulauan Riau, Berapa Anggarannya?
BACA JUGA:Megahnya Proyek Terowongan di Kalimantan Timur, Serap Dana APBD Senilai Rp400 Miliar, Kapan Rampung?
Sehingga, jalan tol bukan hanya dinikmati oleh sebagian kalangan saja.
Akan tetapi, masyarakat kecil pun dapat merasakan manfaatnya!
Bukankah demikian yang kita harapakan?
Semoga saja. *