Lihat knalpotnya apakah ada asap putih pekat yang keluar.
Jika ada, maka berarti pembakaran tidak sempurna.
Asap knalpot yang seperti nembak dan bersuara 'pok pok pok' di knalpot, diindikasikan klep keluar yang bocor.
Jika asap gas buang di knalpot seperti berminyak, diindikasikan ada oli yang ikut terbakar.
3. Cek packing silinder head melalui air radiator
Untuk mengecek packing silinder head mesin diesel masih bagus atau tidak, bisa dilihat dari air radiator.
Caranya buka penutup air radiator.
Jika rpm dinaikkan dan air radiator muncrat ke atas, artinya packing silinder head pecah atau rusak.
4. Cek kompresi melalui tempat pengisian oli mesin
Cek kompresi mesin Panther melalui tempat pengisian oli mesin.
Kompresi mesin diesel yang bagus atau tidak bisa dilihat di tempat pengisian oli mesin.
Caranya buka penutup oli mesin dan dipstik oli mesin.
Jika keluar asap di penutup dipstik oli, artinya kompresi berbalik.
Kemudian cek tempat pengisian oli mesin, jika sudah ada asap diindikasikan ada kompresi yang berbalik di karter.