Saat itu terjadi gesekan antara kampas matik, sehingga mobil rawan selip.
BACA JUGA:4 Mobil Terbaik 2024 dengan Harga Dibawah 200 Juta, Nomor 3 Hemat Bahan Bakar
Boleh saja membiarkan tuas tetap di D, asalkan kondisi lalu lintas ramai lancar.
Secara teknis, posisi transmisi di D, N, atau P saat macet tidak akan merusak mobil
Jika kemacetan ternyata parah, sehingga memaksa mobil berhenti lebih lama, sebaiknya transmisi di posisi N (Netral).
Kemudian aktifkan rem tangan.
Terjebak macet lama di sini kalau mobil dalam kondisi berhenti lebih dari dua menit.
Posisi N lebih aman, karena kaki pengemudi bisa bebas lepas dari pedal rem tanpa khawatir mobil melaju.
Kemudian kalau tidak sengaja menginjak pedal gas pun, rem tangan yang aktif bisa mencegah akselerasi.
Bagaimana dengan posisi transmisi mobil matik saat macet di P (Parking)?
Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, sesungguhnya itu tidak masalah secara teknis.
Hanya saja, kalau di P, perjalanan tuas transmisi dari D ke P itu lebih jauh dibandingkan ke N.
Apalagi kalau mau ke P, harus lewat gigi R (rear) atau mundur terlebih dulu.
Jadi memang pindah ke P tidaklah disarankan, selama masih berkendara.
Pasalnya bisa menyebabkan mobil tidak sengaja melaju mundur. Kecuali memang sudah benar-benar macet total dan menyebabkan mobil harus parkir dalam waktu lama.