Deretan Jenis Batu Akik Paling Disukai Kolektor Indonesia, Nomor 5 Harganya Masih Stabil

Rabu 22-05-2024,19:13 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Fran Kurniawan

Mahalnya batu bacan dipengaruhi oleh kualitas dan kejernihan batunya, kekerasan batu bacan hampir setara batu Zamrud, yakni sekitar 7,5 skala Mohs. 

Semakin langka batu bacan di pasaran, maka harganya akan semakin naik, selaras dengan hukum permintaan dan penawaran, banyak tambang batu bacan yang kian menipis, sedangkan permintaan di pasar menanjak.

6. Batu Akik Topaz

Batu akik termahal selanjutnya yaitu topaz, di Indonesia, batu topaz dikenal juga dengan batu daud, batu selong, batu mirah, dan batu cempaka.

BACA JUGA:Penjahat Pun Bisa Luluh Hatinya! Ini 6 Khasiat Luar Biasa Batu Akik Badar Lumut, Tua dan Muda Pun Mengidolakan

Batu topaz memiliki variasi warna, mulai dari biru, jingga, kemerahan, serta kuning. 

Namun, warna biru adalah warna yang banyak digemari, harga batu akik ini berkisar mulai dari ratusan ribu hingga Rp 2 jutaan per karat.

Namun untuk batu topaz dengan kualitas tinggi bisa dihargai sampai puluhan juta rupiah.

7. Batu akik Giok

BACA JUGA:Tahun 2024, Ini 5 Jenis Batu Akik Kalimantan Diprediksi Bakal Kembali Bersinar

Batu akik giok terkenal karena memiliki keindahan dan ciri khas dari warna hijaunya, sehingga tak heran, jika batu ini sering dijadikan mata cincin, kalung, hingga liontin.

Bongkahan batu giok hijau bisa dihargai sekitar ratusan hingga jutaan rupiah, harga batu giok akan semakin mahal jika sudah muncul kemilaunya, tingkat kekerasan batu bisa menjadi penentu harga jual batu ini.

8. Batu Akik Badar Emas (Pyrite)

Batu akik badar emas adalah batuan yang berasal dari alam, yang memiliki unsur logam ataupun kandungan emas.

BACA JUGA:Tangkal Kiriman Ilmu Gaib? Pakai Cincin dari 3 Batu Akik Ini, Dijamin Ampuh 

Batu ini bisa ditemukan di Papua dan Kalimantan, H=harga batu akik jenis ini di pasaran berkisar mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kategori :