Imbas Gangguan Jaringan Transmisi PLN, PDAM Tirta Musi Palembang Tidak Dapat Beroperasi

Selasa 04-06-2024,21:46 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Manajemen PDAM Tirta Musi Palembang menyampaikan pengumuman terkait pompa Intake dan instalasi pengolahan air (IPA) tidak dapat beroperasi imbas gangguan jaringan transmisi Linggau - Lahat milik PLN yang menyebabkan padam di Sebagian besar gardu induk di Provinsi Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel), Selasa 4 Juni 2024. 

Pengumuman tersebut disampaikan Manajemen PDAM Tirta Musi di akun media sosial. 

"Sehubungan dengan adanya gangguan di jaringan transmisi Linggau - Lahat milik PT PLN (Persero) sehingga menyebabkan padam di Sebagian besar gardu induk di Provinsi Sumatera Bagian Selatan, hal tersebut juga menyebabkan pompa pada intake dan instalasi pengolahan air (IPA) Perumda Tirta Musi Palembang tidak dapat beroperasi,"tulis pengumuman tersebut.

Oleh sebab itu, pihak PDAM mengimbau kepada masyarakat ntuk menghemat penggunaan air. 

BACA JUGA:1 Jam Lebih Lampu Merah Simpang 5 DPRD Sumsel Mati, Lalulintas Macet Total, Imbas PLN Blackout di Palembang

BACA JUGA:PLN Alami Blackout Listrik, Netizen Palembang Beradu Komentar Sisa Baterai HP: 2 Persen Min!

"Dihimbau kepada seluruh pelanggan Tirta Musi Palembang untuk menghemat penggunaan air, wilayah terdampak dari gangguan ialah seluruh wilayah pengaliran Perumda Tirta Musi Palembang. Demikian informasi yang dapat disampaikan,mohon maaf atas ketidaknyamanannya,"sambung pengumuman tersebut. 

Selasa 4 Juni 2024 sekitar pukul 11.00 WIB, wilayah kota Palembang dan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) mengalami blackout listrik.

Alhasil sejumlah wilayah di sebagian Sumbagsel dan daerah di Sumatera Selatan seperti Kabupaten Lahat, OKU, Muba, PALI dan Kota Palembang mengalami pemadaman listrik.

Pihak PLN pun langsung bergerak cepat dengan menyampaikan melalui media sosial resminya terkait Blackout listrik di sejumlah wilayah.

BACA JUGA:PADAM TOTAL! PLN Blackout, Ini Daerah yang Terdampak, Jambi Paling Apes

BACA JUGA:Palembang Blackout, Warga Terhambat Beraktivitas, Akun Resmi PLN_Palembang Dibanjiri Keluhan Warga

Dalam akun instagramnya penyebab akibat Blackout listrik itu karena adanya gangguan PHT yang mengakibatkan pendistribusian ke sejumlah penyulang di sebagian Gardu Induk (GI) padam.

Gangguan itu berpusat di SUTT 275 LBGAU-Lahat 1,2 trim yang menyebabkan GI id SBST padam total.

Pihak PLN untuk mengyelesaikan blackout listrik ini pun sedang melakukan mitigasi dan perbaikan.

Kategori :