Pertamina Hulu Rokan Impelementasi Teknologi Inovasi Program EOR di Lapangan Jirak

Rabu 05-06-2024,10:11 WIB
Reporter : Firdaus
Editor : Firdaus

Injeksi Surfactant tersebut direncanakan akan dilaksanankan selama 6 hari dengan total fluida yang diinjeksikan sebanyak 5.400 barel/bbl. 

BACA JUGA:Pertamina EP Field Ramba Sumbang Produksi Minyak dari 16 Sumur di Muba, Ini Jumlah Hasil Produksinya?

BACA JUGA:Begini Cara Pertamina EP Bunyu Field Lestarikan Mangrove di Kalimantan Utara

Setelah selesai diinjeksikan sumur akan dilakukan soaking selama 7 hari untuk kemudian diproduksikan kembali dengan menggunakan lifting ESP.

Lebih lanjut Reza mengharapkan setelah dilakukan injeksi Huff & Puff di sumur JRK-193 dengan baseline awal produksi sebesar 38 barel oil per day/bopd dan WC 96% akan diperoleh gain produksi. 

Pekerjaan Huff & Puff di Sumur JRK-193 ini akan menjadi awal pengembangan lapangan Jirak kedepannya. 

Harapannya formula yang digunakan saat ini dapat dijadikan metode CEOR yang dapat diimplementasikan di Lapangan Jirak dengan potensi penambahan incremental recovery sebesar 27% dengan EUR 9.05 Million Stock Tank Barrels/MMSTB. 

BACA JUGA:Pertamina EP Zona 7 Regional Jawa Optimalkan Potensi Sumur Eksisting hingga Temukan Cadangan Hidrokarbon

BACA JUGA:Pantau Program Pemberdayaan Masyarakat Adat, Pertamina EP Donggi Matindok Field Kunjungi Daerah Ini

General Manager Zona 4, Djujuwanto, dalam pemaparannya menyambut baik inovasi-inovasi terbaik demi tercapainya peningkatan produksi di zona 4.

Diharapkan juga dengan implementasi huff & puff yang dilakukan dapat membuka peluang pengembangan Struktur Jirak ke tahap berikutnya. 

“Dukungan terbaik untuk perwira pertamina melaksanakan implementasi Huff & Puff ini dan dapat dievaluasi hingga nanti mendorong sumur-sumur termonitor teknologi EOR secara baik,” jelas Djujuwanto.

Kategori :