Pasca Palembang Blackout! Ini Efek Negatif Arus Listrik Tidak Stabil di Rumah dan Cara Mengatasinya

Rabu 05-06-2024,13:08 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

Untuk menghindari efek negatif yang ditimbulkan oleh arus atau aliran listrik yang tidak stabil, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, seperti:

1. Gunakan peralatan elektronik dan lainnya sesuai dengan spesifikasi listrik yang tersedia.

2. Gunakan saklar atau sekat arus yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Usahakan untuk menggunakan proteksi terhadap aliran listrik yang tidak stabil, seperti stabilizer atau ups.

4. Jaga kebersihan peralatan listrik anda agar danpat menghindari terjadinya kontak dengan benda-benda sekitar yang tidak sesuai.

BACA JUGA:1 Jam Lebih Lampu Merah Simpang 5 DPRD Sumsel Mati, Lalulintas Macet Total, Imbas PLN Blackout di Palembang

BACA JUGA:HP Murah 2 Jutaan Layarnya 6,8 Inci Enak Buat Nonton, Baterai Tahan Lama Ampuh Mengobati Selama Blackout

Salah satu cara untuk mengatasi mati lampu jika terjadi pemadaman listrik atau arus listrik tidak stabil, maka sebaiknya disarankan menggunakan genset rumah.

Genset rumah tangga merupakan mesin pembangkit listrik yang digunakan di rumah tangga sebagai sumber listrik sementara dan cadangan ketika terjadi kegagalan arus daya listrik dari PLN.

Biasanya genset rumah tangga ini berukuran kecil dan hanya bisa digunakan untuk kebutuhan listrik skala rumah tangga saja, seperti menyalakan lampu, penggunaan alat elektronik, dan lainnya.

Genset rumah tangga ini menggunakan bahan bakar solar, untuk dapat dioperasikan dan menghasilkan tenaga listrik. dengan fitur-fitur yang memudahkan penggunaannya, seperti starter otomatis, panel kontrol, dan lainnya.

BACA JUGA:Inilah 5 Rekomendasi Power Bank Incaran Semua Orang dengan Kapasitas Besar dan Awet!

BACA JUGA:Breaking News... Mantan Kapolsek Lubuklinggau Utara Meninggal Kecelakaan

Namun untuk menghindari terjadinya keracunan asap pembakaran genset, sebaiknya operasikan genset di luar rumah jangan dinyalakan didalam rumah.

Keuntungan memiliki Genset dapat membantu kita menjaga kelancaran kegiatan rumah tangga, namu selain itu diantaranya adalah:

1. Sumber listrik cadangan ketika terjadi kegagalan daya listrik dari PLN. Ini akan terasa sangat penting ketika terjadi kegagalan daya listrik dalam jangka waktu yang lama atau ketika terjadi bencana alam.

Kategori :