Jaga Kesehatan Ginjal! 3 Makanan Ini Sebaiknya Kamu Hindari

Kamis 06-06-2024,11:02 WIB
Reporter : Mujianto
Editor : Mujianto

Misalnya roti putih, nasi putih, dan pasta yang bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Instansi Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia Tenaga Pendamping Koperasi Modern

BACA JUGA:Kemenhub Buka 18 Ribu Formasi CPNS 2024, Ini Daftar Lengkapnya

Dimana karbohidrat olahan yang mempunyai indeks glikemik tinggi, berarti mereka bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat usai dikonsumsi.

Tentunya, ini bisa memberikan tekanan tambahan pada ginjal, utamanya bagi mereka yang mempunyai masalah dengan kontrol gula darahnya.

Sebaiknya mengganti karbohidrat olahan dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat, misalnya biji-bijian utuh, buah-buahan dan sayuran yang bisa menjaga kesehatan ginjal.

3. Gabungan Tinggi Karbohidrat dan Lemak

BACA JUGA:Fitur Dimiliki New Honda Beat Street 2024 Mengalami Peningkatan, Apa Saja Ya?

BACA JUGA:Bantu UMK Naik Kelas, Pertamina Gelar UMK Academy 2024

Makanan yang mengandung kombinasi tinggi karbohidrat dan lemak, misalnya makanan cepat saji, makanan siap saji dan makanan olahan bisa memberi tekanan ekstra pada ginjal.

Konsumsi makanan-makanan ini tentunya bisa menyebabkan peningkatan berat badan, tekanan darah tinggi, serta resistensi insulin yang semuanya bisa meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Mengutakaman konsumsi makanan segar dan alami dengan memasak makanan sendiri dengan bahan-bahan sehat bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

Tak hanya menghindari makanan-makanan diatas, penting juga dalam menjaga asupan cairan yang cukup, mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah serta olahraga yang rutin.

BACA JUGA:Penerimaan CPNS 2024: Ini Instansi dengan Formasi Terbanyak, Peluang Kamu Lebih Besar!

BACA JUGA:Lowongan Kerja BUMN PT Pertamina Marine Solutions Cek Syarat dan kualifikasinya

Untuk merekomendasikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan ginjal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi.

Kategori :