Sambut Hari Donor Darah Internasional, Kawan Lama Group Ajak Masyarakat Palembang Donor Darah

Minggu 09-06-2024,17:06 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

“Kalau ada waktu saya selalu sempatkan untuk mendonor, bahkan saat ini saya sudah tergabung di komunitas pendonor darah. Mudah-mudahan dari donor darah ini bisa membantu masyarakat atau pasien yang membutuhkan darah,”harap Afriandi.  

Store Manager Ace Hardware PTC Mall, Febriansyah mengatakan, ACE Hardware PTC Mall juga memberikan penawaran spesial bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya pada kegiatan ini. 

BACA JUGA:Peringatan HBP ke-60, Lapas Sekayu Gandeng PMI Gelar Donor Darah, Segini Hasilnya

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Donor Darah Saat Puasa, Apakah Bisa Membatalkan Puasa? Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

“Kami memberikan diskon 10 persen bagi konsumen yang berbelanja di ACE Hardware dengan menunjukkan bukti sudah mendonorkan darahnya di kegiatan hari ini,”ungkap Febriansyah.

Sementara itu, Vice President of Corporate Affairs, Communications and Sustainability Kawan Lama Group, Melinda Pudjo mengatakan, sejak tahun 2015, setiap tahun Kawan Lama Group rutin mengadakan kegiatan donor darah secara nasional, dan hingga akhir tahun lalu telah terkumpul lebih dari 25.000 kantong darah. 

“Tahun ini kami menargetkan kegiatan donor darah di 72 kota dan kabupaten, lebih dari dua kali lipat dari jumlah kota dan kabupaten yang berhasil direalisasikan tahun lalu. Harapannya, dengan bertambahnya jumlah kota ini, semakin banyak kantong darah yang terkumpul, dan akhirnya semakin banyak penerima donor yang bisa merasakan manfaatnya,”ungkap Melinda. 

Kegiatan Donor Darah Nasional ini dilaksanakan mulai dari Area Sumatera di Kota Banda Aceh, Bandar Lampung, Batam, Bengkulu, Dumai, Jambi, Kabupaten Deli Serdang, Medan, Metro, Padang, Palembang, Pangkal Pinang, Pekanbaru, dan Prabumulih.

BACA JUGA:Apakah Bekam dan Donor Darah Membatalkan Puasa? Ini Dia Penjelasannya

Kemudian di Area Jawa-Bali di Kota Bandung, Banyuwangi, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Bogor, Kabupaten Bogor, Cilacap, Cilegon, Cirebon, Denpasar, Depok, Garut, Gianyar, Gresik, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jember, Karawang, Kebumen, Kediri, Kudus, Madiun, Magelang, Malang, Mojokerto, Purwakarta, Purwokerto, Semarang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Sleman, Solo, Kabupaten Sumedang, Sukabumi, Surabaya, Tangerang, Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Tasikmalaya, Tegal, dan Yogyakarta.

Selanjutnya di Pulau Kalimantan di Kota Balikpapan, Banjarbaru, Banjarmasin, Bontang, Pontianak, Samarinda, Singkawang, dan Tarakan. 

Kemudian di Pulau Sulawesi di Kota Gorontalo, Kendari, Makassar, dan Manado. Selain itu Kawan Lama Group juga menyasar Wilayah Indonesia Timur, di Kota Ambon, Kupang, Kabupaten Lombok Barat, dan Mataram.

Menanggapi kegiatan ini, dr. Linda Lukitasari Waseso, Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, menyampaikan, dengan penduduk yang mencapai lebih dari 280 juta jiwa, Indonesia membutuhkan setidaknya 5,6 juta kantong darah setiap tahunnya. 

BACA JUGA:Gelar Aksi Donor Darah, Basarnas Palembang Kumpulkan Darah Sebanyak Ini

“Untuk memenuhi kebutuhan ini PMI tidak bisa bekerja sendiri, kami membutuhkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk Kawan Lama Group. Karena itu kami sangat mengapresiasi inisiatif donor darah nasional yang telah dilakukan Kawan Lama Group sejak tahun 2015 lalu. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan di tahun-tahun mendatang,”pungkasnya. 

 

Kategori :