Jemaah Haji Debarkasi Palembang Kloter Terakhir Tiba Hari Ini

Senin 15-07-2024,08:36 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALEMBANG,PALPRES.COM- Jemaah haji Debarkasi Palembang yang tergabung dalam kloter terakhir akan tiba di tanah air pada hari ini Senin 15 Juli 2024. 

Sebanyak 445 jemaah haji Kloter 18 Debarkasi Palembang tiba di Kota Palembang, Ahad 14 Juli 2024 siang kemarin.

Total jemaah haji Debarkasi Palembang yang telah kembali ke Tanah Air berjumlah 8.031 jemaah haji. Besok siang, pukul 14.10 WIB, PPIH Debarkasi Palembang akan menerima kedatangan kloter terakhir, yakni kloter 19.

Kakanwil Kemenag Sumsel diwakili Kabag Tata Usaha Win Hartan menjelaskan, tahun ini Embarkasi/Debarkasi Palembang memberangkatkan 8.467 jemaah haji.

BACA JUGA:SELAMAT! Layanan Kesehatan Haji Indonesia Raih Apresiasi dari Pemerintah Arab Saudi

BACA JUGA:Tersisa 2 Kloter Lagi, 7.586 Jemaah Haji Debarkasi Palembang Sudah Tiba di Tanah Air

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.031 jemaah haji telah kembali ke Tanah Air dengan rincian 6.835 jemaah Sumsel, 1.106 jemaah Bangka Belitung, dan 90 petugas kloter. 

Sedangkan jemaah haji yang meninggal berjumlah 25 orang, dengan rincian dua meninggal di embarkasi sebelum keberangkatan, 22 meninggal di Arab Saudi, dan satu meninggal di debarkasi saat kepulangan.

Adapun jemaah yang masih dirawat di Arab Saudi berjumlah enam orang.

“Mudah-mudahan enam jemaah yang masih dirawat di rumah sakit Arab Saudi besok bisa pulang bersama kloter 19,” harap Win Hartan. 

BACA JUGA:Penuh Haru, Wakil Bupati OI Sambut Kedatangan Jemaah Haji Asal Ogan Ilir

BACA JUGA:Kedatangan Kloter 15 Tambah Jumlah Jemaah Haji Debarkasi Palembang yang Tiba di Tanah Air

Kedatangan kloter 18 sendiri disambut di Aula Asrama Haji Sumsel. Hadir pada acara penyambutan, Kabag Tata Usaha Kanwil Kemenag Sumsel Win Hartan, Kabag Agama Biro Kesra Pemprov Sumsel Muhammad Yamin, Direktur PT. Swarna Dwipa selaku pengelola asrama haji Rebo Iskandar Pohan, serta unsur PPIH Debarkasi Palembang. 

Ketua kloter 18 Muhammad Dhafir dalam laporannya menjelaskan, kloter 18 merupakan gabungan jemaah dari Kabupaten OKI, Musi Rawas, Prabumulih, dan Empat Lawang.

Saat berangkat ke Tanah Suci, jemaah kloter 18 berjumlah 447 orang. Namun ada dua jemaah yang wafat di Arab Saudi, yaitu Khoirul Anam Imam Afandi (66) asal Musi Rawas dan Nurdin Kasim Wahid (83) asal Kabupaten Empat Lawang. 

Kategori :