Gertam Cabai dan Bawang Merah Serentak Diyakini Mampu Tekan Inflasi

Rabu 17-07-2024,19:33 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Sulis Utomo

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kegiatan gerakan tanam (gertam) serentak cabai dan bawang merah se-Sumsel, di mana untuk di Kota Lubuklinggau, acara dipusatkan di area milik kelompok tani (Poktan) Suka Maju Kelurahan Watas Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Plh Sekda Provinsi Sumsel, H Edward Chandra mengatakan selain kepala daerah yang hadir langsung ditempat, penanaman serentak juga dilaksanakan di 45 titik kab/kota se-Sumsel.

Disampaikannya,  petani seringkali ragu menanam karena kurangnya jaminan pasar yang menjanjikan. 

Maka dari itu, tahun ini pihak Pemprov Sumsel mengajak seluruh komponen untuk bekerja sama mulai dari petani, penanaman,  pemeliharaan, bank KUR, dan kondisi pasar yang stabil.

BACA JUGA:Pelaksanaan Harganas di Lubuklinggau Setara Level Nasional 

Sehingga hasil produksi pertanian bisa disalurkan secara maksimal dan menguntungkan para petani.

Sementara itu, Pj Sekda Kota Lubuklinggau, H Tamri menerangkan cabai dan bawang merah merupakan komoditas utama untuk menekan laju inflasi. 

Kedua komoditas ini sambungnya sangat berpengaruh pada pertumbuhan perekonomian nasional.

Maka dari itu, Pemkot Lubuklinggau telah menyiapkan dua titik penanaman yakni di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Barat seluas delapan hektar ditanami cabai, sedangkan di wilayah Kecamatan Lubuklinggau Selatan dengan luas lahan enam hektar ditanami bawang merah.

BACA JUGA:Ngopi Asyik Sambil Menikmati Aliran Sungai Kelingi di Bendungan Water Vang Lubuklinggau

"Penanaman ini bukan hanya sebagai upaya menjaga inflasi tetapi juga  membantu meningkatkan perekonomian petani," jelas Tamri.

Turut hadir Kapolres, AKBP Bobby Kusumawardhana, Dandim, Letkol Inf. Arie Prasatyo Widyo Broto, Kajari, Anita Asterida, Pj Ketua TP PKK, Hj Henita Andriani Trisko, Ketua Bhayangkari, Wina Bobby, Ketua Persit, Indah Permatabumi dan Ketua Ikatri, Hj Yulita Anggraini.

 

Kategori :