Segelas Kopi Kong Djie Lubuklinggau: Minum Hari Ini, Kenikmatannya Berasa Sampai Besok Pagi

Sabtu 20-07-2024,13:25 WIB
Reporter : Fran Kurniawan
Editor : Sulis Utomo

Menu kopi khas Kong Djie secara tradisional mirip dengan kedai kopi lainnya, antara lain Kopi hitam dan kopi susu.

Masyarakat lokal Belitung biasanya menyukai kopi susu dengan hidangan singkong goreng.

Racikan kopi Kedai Kong Djie dibuat dari resep keluarga yang mencampurkan Arabika asal Sumatera dan Robusta asal Jawa sehingga menghasilkan ciri khas kopi yang asam namun harum.

Selain itu air untuk menyeduh haruslah yang benar-benar panas mendidih.

BACA JUGA:Sambungkan E-Wallet ke Kartu Prakerja, Saldo DANA Gratis Rp600.000 Setiap Bulan Langsung Cair, Begini Caranya

Bagi pecinta kopi di Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan tidak perlu jauh-jauh datang ke Bangka Belitung untuk menikmati Kopi Kong Djie.

Sebab, di bilangan Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Kota Lubuklinggau atau tepatnya di samping Mapolres Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan sudah ada tongkrongan asyik yang menyediakan kopi hitam dan kopi susu khas Kong Djie.

Opan, 35 tahun, pengelola Kopi Kong Djie mengatakan, setiap hari sedikitnya dia mampu menjual sekitar 30 gelas kopi hitam dan kopi susu Kong Djie.

"Dalam satu bulan kami bisa menghabiskan sekitar 5 kilogram kopi Kong Djie untuk memenuhi permintaan penikmat kopi," katanya.

BACA JUGA:Buku ‘Belajar Jurnalistik ke Missouri’: Ulas Mendalam Konvergensi, Masalah dan Jawaban Jurnalisme Modern

Untuk satu gelas kopi hitam Kong Djie di bandrol dengan harga Rp12 ribu per cangkir sedang dan Rp14 ribu untuk per cangkir kopi susu.

"Produk kopi, teh dan coklat kami langsung di kirim dari Bangka via jas pengiriman. Oleh sebab itu harganya cendrung lebih mahal," katanya.

Kendati harganya lebih mahal, Opan mengaku tidak menyurutkan niat peminat kopi hitam dan kopi susu Kong Djie untuk menikmati rasa kopi dengan cita rasa tinggi tersebut.

“Saya pernah tanya sama pembeli yang sepertinya penikmat kopi yang cukup lama, katanya dia selalu minum kopi hitam Kong Djie karena kangen dengan rasanya, minum hari ini Keinikmatannya berasa sampai besok pagi," ungkapnya.

BACA JUGA:Palpres.com Tembus 4,5 Juta Pembaca, Diganjar Keris ‘Sakti’ Dirut SEG-RBMG

Selain menyediakan kopi hitam dan kopi susu Kong Djie, tempat caffe sederhana ini juga menyediakan berbagai makanan, seperti nasi goreng, mie goreng dan rebus, soto, pisang goreng keju, kentang goreng dan lainnya.

Kategori :