Jadi kontributor ke 3 Terbesar Di Sumatera Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi Simak Arahan Menko Perekonomian RI

Sabtu 20-07-2024,18:50 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi mendengarkan Arahan Menko Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. (H.C). Ir. Airlangga Hartanto, M. B. A., M. M. T., Kepada Forkopimda Provinsi Sumsel Bupati/Walikota se-Sumsel.

Besama Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Sumsel bertempat di Ruang Rapat Griya Agung, Sabtu, 20 Juli 2024

Dalam kesempatan itu, Menko Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. (H.C). Ir. Airlangga Hartanto, M. B. A., M. M. T., sampaikan Sumatera Selatan Sebagai Kontributor Ekonomi Ke-3 Terbesar di Sumatera Berperan Penting Menopang Ekonomi Nasional.

"Kinerja Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Selatan Yang Solid Dengan Inflasi Yang Terjaga, Perlu Terus Dipertahankan, " Ujarnya.

BACA JUGA:Berusaha Kendalikan Inflasi Cabai, Pemkot Palembang Teken Kerjasama dengan Pemkab Kulon Progo

BACA JUGA:Hakim Mahkamah PBB Sebut Israel Langgar Hukum Internasional, Netanyahu Katakan Ini

Lalu ia mengungkapkan Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Konsisten Pada Kisaran 5% (Yoy). 

Pada Triwulan 1-2024, Kinerja Ekonomi Sumsel Tumbuh Sebesar 5,06% (Yoy), Lebih Tinggi Dibandingkan Pertumbuhan Ekonomi Pulau Sumatera. 

Inflasi Terkendali Dengan Tren Deflasi Bulanan Seiring Penurunan Harga Komoditas Pangan.

"Perbaikan Indikator Sosial Sumatera Selatan Juga Harus Ditingkatkan Seiring Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi, " Pintanya.

BACA JUGA:Raih Nominasi 10 Besar Terbaik Kompolnas Award 2024, Ternyata Ini Sosok Iptu Rio Trisno SH

BACA JUGA:Daftar PKH dan BPNT Melalui DTKS Bisa Online Dari HP Tanpa Harus Lewat Aparat Desa Maupun Kelurahan, Cek Caran

Ia juga mengapresiasi Tingkat Kemiskinan, Ketimpangan, Dan Tingkat Pengangguran Mengalami Penurunan di Sumsel Sejak 3 Tahun Terakhir.

Namun menurutnya, masih perlu ada Perbaikan Kualitas APBD Agar Tidak Terlalu Bergantung Pada Dana Transfer, Meskipun Realisasi Belanja APBD dinilai Sudah Cukup Optimal.

"Perekonomian Sumsel ditopang utamanya oleh sektor pertambangan, industri, dan perdagangan. Sehingga dapat sangat dipengaruhi faktor eksternal. Dan hilirisasi menjadi strategi peningkatan nilai tambah yang berkelanjutan, " Katanya.

Kategori :