Turunkan 741 Personil APP Group Siap Dukung Pencegahan Karhutla Sumsel

Minggu 21-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - APP Group siap menyiagakan sekitar 741 personel dalam membantu mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera Selatan. 

Hal ini disampaikan oleh Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata di Palembang, Sabtu.

Ia menyampaikan bahwa tim nya siap sepenuhnya mendukung Pemprov Sumsel dalam menanggulangi dan mencegah bencana kebakaran hutan dan lahan.  

"Tentunya Hal ini merupakan komitmen kami untuk bersama-sama dalam pencegahan karhutla yang juga sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 kami," ungkapnya.

BACA JUGA:Respon Gempuran Drone Houthi, AU Israel Serang Pelabuhan Terbesar di Yaman

BACA JUGA:UNIK! Inilah Pemilih Tertua di Bandung Barat, Pernah Ikut Mencoblos Sejak Pemilu Pertama

Tak hanya itu dalam menanggulangi karhutla PT OKI Pulp & Paper Mills beserta perusahaan-perusahaan mitra pemasoknya, menerapkan strategi Pengendalian Kebakaran Terpadu (Integrated Fire Management / IFM), yang terdiri dari empat pilar yakni pencegahan, persiapan, deteksi dini, dan respon cepat.

Lalu GM dari Fire Management APP Group Sujica Lusaka menerangkan bahwa pihaknya memaksimalkan dan menambah jumlah fire tower, sehingga hampir seluruh konsesi APP Group dapat terpantau secara maksimal. 

"Untuk daerah yang blank spot atau sulit dipantau, dapat dijangkau dengan drone, dimana terdapat 43 menara api dan 63 unit mini tower portable untuk meningkatkan pemantauan," katanya. 

 Tak hanya itu Ia juga menambahkan pihaknya bersama mitra pemasoknya mengoptimalkan seluruh sumber daya yang ada di darat, air, dan udara untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah karhutla.

BACA JUGA:Sebesar Rp18,97M Bantuan Kur yang diberikan Pemprov Sumsel untuk Dukung UMKM kecil Disumsel

BACA JUGA:3 Pondok Pesantren Terbaik di Palembang, Nomor 1 Punya Pusat Rehabilitasi Narkoba

 "Kam sangat yakin dengan persiapan matang dan kolaborasi kuat antara sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat, kita mampu mencegah dan mengendalikan karhutla tahun ini," tambah Sujica.

Lalu Saat ini, PT OKI Pulp & Paper Mills dan mitra pemasoknya, telah menyiapkan sekitar 741 personel regu pemadam kebakaran (RPK) dan 49 personel Tim Reaksi Cepat (TRC) di lapangan untuk memastikan kesiapan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. 

Lalu Selain itu ada helikopter Bell 412 PT OKI Pulp & Paper Mills yang sudah disiagakan di Griya Agung.

Kategori :