Momen Bersejarah Pembuka 3 Transisi Besar pada Peringatan HUT RI ke 79 di Ibu Kota Nusantara

Sabtu 17-08-2024,16:29 WIB
Reporter : Jonison
Editor : Jonison

Prosesi dimulai dengan laporan dari komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali di kawasan IKN, yang diiringi dengan bunyi sirene panjang sebagai penanda dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

BACA JUGA:Warga Kali Serayu Lubuklinggau Ikuti Jalan Santai HUT Kemerdekaan RI, Teriakkan ROIS Menang!

BACA JUGA:Tempat Kerja Baru Presiden RI Jadi Sorotan, Segini Biaya Pembangunannya

Setelah itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, membacakan naskah proklamasi yang 79 tahun lalu dikumandangkan oleh proklamator Soekarno, menandai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan. 

Usai pembacaan naskah proklamasi, Presiden Jokowi memimpin peserta upacara baik di IKN maupun di Jakarta untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Livenia Evelyn Kurniawan, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Kalimantan Timur selanjutnya membawa bendera Merah Putih untuk kemudian dikibarkan. 

Adapun Paskibraka lainnya yang bertugas mengibarkan bendera yakni Akmal Faiz Ali Khadafi sebagai pembentang bendera, Try Adyaksa S. sebagai pengerek bendera, dan Fifandra Ardiansyah Daud sebagai Komandan Kelompok 8.

BACA JUGA:Spesial HUT RI Ke-79, Simak Beberapa Zodiak Dari 8 Presiden Indonesia, Dari Soekarno Hingga Prabowo

BACA JUGA:5 Artis Canti Di Indonesia yang Ditinggal Suami Meninggal Dunia, Dari BCL Hingga Jennifer Coppen

Pengibaran bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya pun berhasil ditunaikan dengan baik oleh para Paskibraka yang tergabung dalam Tim Nusantara Baru tersebut. 

Sang Merah Putih tampak gagah berkibar di halaman Istana Negara, IKN.

Setelah pengibaran bendera, komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara sebagai tanda berakhirnya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan persembahan sejumlah lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, serta tarian tradisional dari Kalimantan Timur yang meramaikan suasana di halaman Istana Negara, IKN.

BACA JUGA:Upacara HUT ke-79 RI, 47 ASN Kemenag Sumsel Terima Satya Lencana

BACA JUGA:INFO PENTING! Ini 5 Manfaat Menjemur Burung Perkutut, Bisa Meningkatkan Birahi?

Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diharapkan tidak hanya menjadi momen untuk mengenang perjuangan para pahlawan, tetapi juga menjadi momen transisi pemerintahan dan ibu kota baru menuju visi Indonesia Emas 2045.

Kategori :