PLN Icon Plus Dorong Digitalisasi Layanan Publik melalui Akselerasi Internet Desa di Desa Kabupaten Batang

Rabu 21-08-2024,16:52 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Sebagai salah satu upaya mempercepat transformasi digital, PLN Icon Plus bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Pemerintah Kabupaten Batang melalui Diskominfo telah meluncurkan program akselerasi internet.

Inisiatif ini diharapkan dapat membawa perubahan signifikan dalam perekonomian lokal dan kesejahteraan masyarakat desa.

Peluncuran program Akselerasi Internet ini ditandai dengan pemasangan infrastruktur internet berkecepatan tinggi di beberapa area blank spot Kabupaten Batang, yang memungkinkan akses internet yang cepat dan stabil bagi seluruh warga.

Kolaborasi ini untuk mendukung penyediaan jaringan telekomunikasi dan teknologi yang bermanfaat untuk sosialisasi dan edukasi masyarakat mengenai manfaat transformasi digital sesuai dengan kebijakan dan regulasi yang berlaku.

BACA JUGA:PGN Pagar Dewa Bantu Para Petani Karet Melalui Program Wanatani, Mampu Hasilkan Tambahan

BACA JUGA:Harga Emas UBS dan Antam di Pegadaian Hari Ini 21 Agustus 2024 Ikut Turun

PLN Icon Plus bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Pemerintah Kabupaten Batang melalui Diskominfo telah meluncurkan program akselerasi internet. Inisiatif i--plniconplus

PLN Icon Plus memberikan untuk mendukung digitalisasi layanan publik sebanyak 219 titik di Tiga Desa Kabupaten Batang yaitu Desa Banteng Kecamatan Tersono, Desa Gondang Kecamatan Blado, Desa Basani Kecamatan Blado.

Sebagai tanggung jawab sosial dan lingkungan, PLN Icon Plus juga memberikan program TJSL dukungan Internet PLN Icon Plus untuk Digitalisasi layanan internet Publik gratis di salah satu Pos Keamanan Desa Banteng Kecamatan Tersono yang dapat dimanfaatkan untuk Administrasi Desa dan Kependudukan dan Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah.

"Kami berterima kasih kepada Direktorat Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Batang yang telah mempercayakan pemenuhan sarana Fiber Optik untuk mendorong pertumbuhan UMKM melalui akselerasi transformasi digital dengan memberikan layanan internet ke tiga desa di Kabupaten Bantang," ujar General Manager PLN Icon Plus SBU Jawa Bagian Tengah, Deri Prasetio Utomo.

"Kami berharap, dengan akses internet yang lebih baik mampu menghubungkan UMKM di Desa Batang dengan pasar yang lebih luas, serta meningkatkan daya saing mereka melalui pemanfaatan teknologi digital."

BACA JUGA:Indihome TV Tayangkan English Premier League Lewat Minipack Sport, Berikut Harga Langganannya!

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Pecahkan Rekor MURI Pembuatan Rekening Terbanyak untuk Pelajar Difabel

Kemenkominfo juga menyatakan komitmennya dalam mendukung program ini.

"Program unggulan Kemenkominfo RI bersinergi dengan PLN Icon Plus difokuskan untuk memudahkan aksesibilitas warga di desa-desa yang belum terjangkau akses internet," kata Direktur Pengembangan Pita Lebar Direktorat  Jendral Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo, Marvels Parsaoran Situmorang.

Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, melalui perwakilannya menyampaikan bahwa akses internet yg merata adalah salah satu kunci kesetaraan pembangunan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Kategori :