Pakai QRIS, Naik LRT Cuma Bayar 1 Rupiah

Jumat 23-08-2024,19:19 WIB
Reporter : Bethanica
Editor : Bethanica

PALPRES.COM- Masih dalam rangkaian Pekan QRIS Nasional (PQN) di Kota Palembang, Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menghadirkan promo menarik bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi Light Rail Transit atau LRT.

Karena, ada promo menarik naik LRT hanya bayar Rp1 atau 1 Rupiah saja, bagi yang bertransaksi menggunakan QRIS.

Kabar gembira ini disampaikan langsung oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumsel, Ricky P Gozali.

“Bagi masyarakat kota Palembang yang biasa naik LRT jika menggunakan QRIS cukup bayar Rp1 saja,”ungkap Ricky di sela-sela Launching Digital Kito Galo di Palembang Indal Mall (PIM), Jumat 23 Agustus 2024.

BACA JUGA:Yuk Ramaikan Festival Jajan QRIS di Palembang Indah Mall, Jajan Serba Rp5.000

BACA JUGA:Pekan QRIS Nasional 2024, BI Sumsel Selenggarakan Festival Jajan QRIS di Palembang Indah Mall

Seperti diketahui moda transportasi LRT yang berada di Kota Palembang kini menjadi salah satu transportasi yang diminati masyarakat.

Setelah diluncurkan pada tahun 2018 lalu, jumlah penumpang LRT terus meningkat setiap tahunnya.

Saat ini, tarif yang berlaku untuk naik LRT adalah sebesar Rp5.000 untuk satu kali perjalanan, dan Rp10.000 untuk dari dan menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Untuk lebih meningkatkan digitalisasi di masyarakat, BI Sumsel kini menawarkan metode pembayaran untuk tarif LRT menggunakan QRIS atau Quick Response Indonesian Standard, dimana penumpang cukup menscan barcode dan tidak perlu menggunakan uang tunai.

BACA JUGA:Bank Indonesia Kini Hadirkan QRIS Tap, Apa Bedanya dengan QRIS yang Lama?

BACA JUGA:MAKIN MUDAH! Bayar Pajak dan Retribusi Pasar di OKI Bisa Pakai QRIS dan Virtual Account

“Semoga dengan adanya metode pembayaran dengan QRIS ini semakin memudahkan masyarakat untuk naik LRT, dan semakin meningkatkan digitalisasi di masyarakat,”harap Ricky.

Demi terus meningkatkan digitalisasi pembayaran di masyarakat, BI Sumsel kembali menggelar event Digital Kito Galo yang kelima ditahun 2024 ini.

Event yang berlangsung selama tiga hari 23-25 Agustus 2024 ini diikuti oleh banyak pelaku UMKM, dan juga diisi dengan berbagai kegiatan menarik.

Menariknya, selama periode tersebut, BI Sumsel juga memberikan promo menarik naik LRT cukup bayar Rp1.

BACA JUGA:Tahun 2024, Bank Indonesia Targetkan 27 Juta Transaksi QRIS, Triwulan II Sudah Tercapai 52 Persen

BACA JUGA:Kakanwil BI Sumsel Buka Kick Off QRIS Jelajah Indonesia di Sumsel, Dorong Masyarakat Melek Digitalisasi

Promo ini berlaku selama tiga hari mulai 23-25 Agustus 2024 untuk rute mana saja dan di jam mana saja.

“Mulai hari ini sudah bisa scan QRIS dan bayar hanya satu rupiah saja, mulai pagi sampai malam selama jam operasional LRT,”jelas Ricky.

sejak diluncurkan pada 17 Agustus 2019, fitur penggunaan QRIS telah banyak dikembangkan mulai dari QRIS MPM (Merchant Presented Mode), QRIS TTM (Tanpa Tatap Muka), QRIS CPM (Customer Presented Mode), QRIS Cross Border, hingga QRIS TUNTAS (Tarik Tunai, Transfer, Setor Tunai). “Fitur ini akan terus dikembangkan mengikuti perkembangan industri dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat”, jelas Ricky.

Saat ini, preferensi masyarakat untuk menggunakan QRIS masih terus menunjukkan tren peningkatan, baik dari sisi merchant maupun pengguna.

Hal tersebut tercermin dari perkembangan jumlah merchant dan user (pengguna) di Sumatera Selatan yang hingga saat ini telah menyentuh lebih dari 844 ribu merchant dan 1,35 juta pengguna, menjadikan Sumatera Selatan menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah merchant dan user QRIS terbanyak di wilayah Sumatera.

Transaksi bulanan QRIS di Sumatera Selatan pun tumbuh pesat hingga mencapai 260 ribu transaksi dengan total nominal Rp31,63 miliar.

 

 

Dapatkan update konten terkini dan terbaru setiap hari di Palpres.com. Ayo Gabung di Channel WhatsApp dengan cara klik link ini "Channel WA palpres.com".  

Kategori :