PT BCR dan Perumda Pasar Tegaskan Akan Ambil Langkah Hukum ke Pedagang 16 Ilir Menolak Relokasi

Sabtu 31-08-2024,10:16 WIB
Reporter : Dian Cahyani F
Editor : Kgs Yahya

"Pedagang nanti akan direlokasi ke TPS yang akan dibangun. alhamdulillah akan kita mulai pembangunan hari ini, dalam minggu ini TPS tahap pertama akan selesai," Sampainya. 

Perlu diketahui, bahwa TPS ini sifatnya sementara untuk menghilangkan kekumuhan dan lain sebagainya. 

"TPS ini juga kami jamin tidak menimbulkan kekumuhan baru, karena akan dibuat sebagai tempat yang representatif dan layak, sehingga para pedagang leluasa menempati nya," Ujarnya. 

BACA JUGA:3000 Pedagang Pasar 16 Ilir Merintih Minta Kepada Pemerintah Dengarkan Keluhan Mereka

BACA JUGA:Pj Wali Kota Palembang Pastikan Revitalisasi Pasar 16 Ilir Tak Mangkrak, Gedung Dikosongkan Akhir Agustus 2024

Penempatan pedagang di TPS akan dilakukan selama proses pengerjaan revitalisasi gedung pasar 16 Ilir berlangsung selama 2 tahun. 

"TPS kita targetkan sampai selesai revitalisasi, tapi kembali lagi ke fungsi pasar 16 itu sendiri. Kalau misal revitalisasi didahulukan lantai bawah selesai dan bisa ditempati, maka pedagang yang di TPS akan kita pindahkan secara berangsur-angsur," Jelasnya. 

Begitupun proses relokasi dari pedagang ke TPS juga tidak dilakukan sekaligus, tetapi secara bertahap. 

"Ketika daya tampung TPS ini selesai, maka jumlah itulah yang akan kita relokasikan dulu," Ujarnya. 

BACA JUGA:Gaji 8 Juta dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Ada 194 Formasi! Berikut Info Penerimaan CPNS BNPT

BACA JUGA:Blusukan dan Makan ‘Pempek Tumpah’, Rasyid Rajasa Janji Tata Pasar 16 Ilir

Mengenai relokasi, sosialisasi berupa selebaran ke pedagang juga sudah dilakukan pemberitahuan, dan letak dari TPS yang akan dibangun hingga jadwal relokasi. 

"Kita komitmen dengan jadwal ini. Target kita relokasi selesai sampai akhir September. Sehingga pengembang bisa fokus membangun, bisa berjalan lancar dan pedagang dan masyarakat bisa nyaman bertransaksi," Katanya. 

Sebab, TPS sebagai tempat relokasi ini juga ukuran nya sama dengan yang ada di gedung ada yang 2x2, ada yang 2x2, 5.

"Untuk keamanan, dan kebersihan akan ada retribusi, diluar itu tidak ada biaya sewa menyewa lagi. Biaya retribusi juga kami pastikan tidak akan memberatkan karena akan kurang lebih sama seperti yang sekarang ini," Ujarnya. 

Nah, meski target relokasi selesai sampai akhir September, tetapi tahapan relokasi sudah dapat dilakukan dalam minggu ini. 

Kategori :