Belanda 5-2 Bosnia-Herzegovina di UEFA Nations League, Zirkzee menikmati debut penuh impiannya

Minggu 08-09-2024,06:39 WIB
Reporter : Agus Pongki
Editor : Agus Pongki

PALPRES.COM - Joshua Zirkzee menandai penampilan perdananya sebagai starter untuk Belanda d laga UEFA Nations League dengan kemenangan 5-2 atas Bosnia-Herzegovina. 

Penyerang Manchester United ini membuka skor di awal pertandingan di Philips Stadion, dengan mencetak satu gol dan satu assist saat tim asuhan Ronald Koeman mengawali laga

Awal pertandingan yang tenang meledak di menit ke-13 saat tendangan Simons yang terdefleksi jatuh dengan baik ke arah Zirkzee, yang menceploskan bola melewati Nikola Vasilj. 

Namun dengan tembakan tepat sasaran kedua mereka, Bosnia berhasil menyamakan kedudukan setelah umpan membelah pertahanan dari Denis Huseinbasic kepada Ermedin Demirovic, yang menyelesaikannya dengan baik. 

BACA JUGA:Amerika Serikat 1-2 Kanada: David Lanjutkan Penampilan Impresif Marsch

BACA JUGA:Timnas Indonesia Gandeng Mitra Baru, Berikan ‘Energy Extra untuk Garuda’ Menuju Pentas Dunia

Zirkzee, menjadi pemain keempat setelah Klaas Jan Huntelaar, Bas Dost dan Vincent Janssen yang menyumbangkan satu gol dan satu asis dalam debutnya sebagai pemain inti untuk Belanda.--officialknvb

Umpan dari Zirkzee, Tijjani Reijnders mengembalikan keunggulan tuan rumah sebelum memberikan umpan kepada Cody Gakpo, yang mempertahankan performa mencetak gol yang ia tampilkan di Euro 2024.

Bosnia memberikan hasil akhir yang menegangkan setelah Edin Dzeko dengan rapi mencungkil bola melewati Bart Verbruggen, namun Wout Weghorst dan Xavi Simons memastikan kemenangan di menit-menit akhir.

Setelah hanya memiliki keunggulan satu gol hingga menit ke-88, skor akhir pertandingan menunjukkan dominasi Belanda di Eindhoven. 

Tim asuhan Koeman menghasilkan total gol yang diharapkan (xG) sebesar 4,09, mencatatkan 28 tembakan, sembilan di antaranya tepat sasaran, dibandingkan dengan empat dan tiga dari lawan mereka.

BACA JUGA:Ikuti Jejak Mega ke Luar Negeri, Yolla Yuliana Resmi Abroad ke Liga Jepang

BACA JUGA:Fans Indonesia Minta Para TKI di Taiwan ‘Gempur’ Laga Red Sparks

Sementara itu, Zirkzee, menjadi pemain keempat setelah Klaas Jan Huntelaar, Bas Dost dan Vincent Janssen yang menyumbangkan satu gol dan satu asis dalam debutnya sebagai pemain inti untuk Belanda.

Ini juga merupakan pertandingan pertama Belanda dengan tiga pemain yang mewakili tim non-Belanda yang sama (Virgil van Dijk, Ryan Gravenberch dan Gakpo untuk Liverpool) sejak November 2013 (Michel Vorm, Dwight Tiendalli dan Jonathan de Guzman untuk Swansea City saat menghadapi China). 

Kategori :