Demi Generasi Sehat dan Cerdas Pemprov Sumsel Ajak Masyarakat Makan Ikan

Rabu 11-09-2024,19:59 WIB
Reporter : Apriansyah
Editor : Apriansyah

PALEMBANG, PALPRES.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M.S.E melalui Asisten II Bidang Administrasi dan Umum Setda Pemprov Sumsel Zulkarnain SE.MM secara resmi membuka kegiatan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tingkat Provinsi Tahun 2024. 

Kegiatan ini dipusatkan di Atrium OPI Mall Jakabaring Pelembang, Rabu 11 September 2024 pagi. 

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan, Asisten II Zulkarnain, Pj Gubernur Elen Setiadi  sangat mengapresiasi seluruh Kader PKK di Provinsi Sumatera Selatan yang telah bekerja keras, penuh dedikasi dan berperan aktif dalam mendukung program pembangunan daerah, terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. 

Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 ini merupakan momentum penting bagi semua dalam memaknai perannya.

BACA JUGA:Anggaran Kemensos Masuk 5 Terbesar di 2025, Sebanyak 29 Juta Pemilik e-KTP Berpeluang Dapat 2 Bansos Ini!

BACA JUGA:Kuota Penerima PKH Bertambah Pada Tahun 2025, Kamu Bisa Masuk Jadi Penerima Hanya Dengan 2 Cara Ini!

karena PKK sebagai mitra pemerintah selama ini mampu mewujudkan peran dan tanggung jawabnya sebagai motivator dan dinamisator di tengah masyarakat untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga dan masyarakat.

Lebih jauh dikatakannya, ketahanan pangan dan stunting masih menjadi isu prioritas nasional. Menurut data World Health Organization (WHO) tahun 2020, dari 117 negara,  Indonesia termasuk di dalam 17 negara mempunyai masalah terhadap tumbuh kembang yaitu, Stunting (kekerdilan) 31,8%; Wasting (kecerdasan rendah) 12,1% dan Overweight (obesitas) 11,9%. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia masih rendah dalam menangani pengembangan gizi dan pangan. 

"Disinilah peran dan tanggung jawab kita sebagai Lembaga Pemerintahan, melalui organisasi perangkat daerah (OPD) dan juga Tim Penggerak PKK sebagai Forum Peningkatan Angka Konsumsi Ikan (FORIKAN) yang merupakan organisasi strategis yang diketuai oleh Ibu Kepala Daerah provinsi maupun kabupaten/kota berupaya untuk turut meningkatkan ketahanan pangan dan asupan gizi melalui peningkatan Angka Konsumsi Ikan pada masyarakat," jasnya. 

Seperti diketahui ikan adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh dan tumbuh kembang anak.

BACA JUGA:Polda Sumsel Pastikan Proses Hukum 3 Tersangka Dibawah Umur Terus Berjalan

BACA JUGA:STATUS SIK-NG BERUBAH! Pencairan Bansos Via PT.POS Resmi Pindah Ke Himbara, Pemilik KKS BRI, MANDIRI Gembira

karena ikan kaya akan omega-3, yang berperan penting dalam mendukung kesehatan dan kecerdasan otak. 

Pemerintah sangat mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan di masyarakat. Angka Konsumsi Ikan Sumatera Selatan pada tahun 2023 sebesar 43,68 kg/kap/tahun, ini masih jauh dengan Angka Konsumsi Ikan nasional yaitu 50 kg/kap/tahun. 

"Maka dari itu, perlu dilakukan strategi-strategi dalam meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat seperti Kampanye, edukasi, dan promosi makan ikan harus dilakukan secara masif dan terstruktur agar lebih berdampak pada peningkatan pemahaman/kesadaran (awareness) masyarakat dalam mengkonsumsi ikan," tambahnya. 

Kategori :